Tutup Iklan

Anti Ribet! Jepara Kembangkan Senyum Si Sakit Permudah Antre Puskesmas

Inovasi Senyum Si Sakit dikembangkan Puskesmas Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah untuk mempermudah pendaftaran dan memantau antrean.

Anti Ribet! Jepara Kembangkan Senyum Si Sakit Permudah Antre Puskesmas Pendaftaran menggunakan smart card Puskemas Mlonggo Jepara diambil dari tangkapan layar Youtube Puji Harmanto, Selasa (7/7/2020). (Youtube-Puji Harmanto)

Semarangpos.com, JEPARA — Puskesmas Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah mengembangkan inovasi Senyum Si Sakit. Nama itu bukan akronim sebagaimana nama-nama inovasi atau aplikasi yang sedang populer belakangan hari ini.

Nama inovasi Senyum Si Sakit ini Puskesmas Mlonggo benar-benar diharapkan mampu mengembangkan senyum para pasien yang didera penyakit. Inovasi itu dikembangkan untuk mempermudah pasien dalam melakukan pendaftaran dan memantau antrean.

Ini adalah langka maju Puskesmas Mlonggo karena masih banyak puskesmas di Indonesia yang belum memaksimalkan pelayanan. Salah satu yang paling terlihat adalah permasalahan pendaftaran dan antrean.

Motif Batik Babon Angrem Ajarkan Arti Kasih Sayang

Kebanyakan puskesmas masih menggunakan cara manual dalam melakukan pendaftaran. Pendaftaran secara manual menyebabkan pendaftaran berobat memakan waktu yang cukup lama.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penumpukan pasien. Padahal menumpuknya pasien di puskesmas menyebabkan virus semakin mudah ditularkan dari pasien satu ke pasien lain.

Puskesmas Mlonggo menciptakan inovasi untuk mengatasi hal tersebut. Inovasi pelayanan kesehatan ini dinamakan dengan Senyum Si Sakit. Senyum Si Sakit bahkan masuk ke dalam jajaran Top 99 Sinovik (Sistem Inovasi Pelayanan Publik) 2020.

Honda Africa Twin Varian Tertinggi Terjual di Semarang

Inovasi ini sebagai upaya Puskesmas Mlonggo untuk memberikan pelayanan yang cepat dan nyaman bagi pasien. Senyum Si Sakit memiliki dua terobosan baru untuk memberikan kemudahan bagi pasien. Terobosan yang dibuat adalah smart card dan smart monitor.

Cukup 1 Kartu

Smart card merupakan kartu pintar yang digunakan pasien untuk mendaftarkan dirinya. Di dalam satu smart card terdapat data anggota setiap satu keluarga. Sehingga masing-masing keluarga hanya memerlukan satu kartu saja.

Nantinya barcode dalam kartu pintar diarahkan ke mesin scanner yang langsung terhubung dengan monitor layar sentuh. Monitor akan memperlihatkan anggota keluarga yang terdaftar di smart card. Pasien cukup memilih nama anggota yang akan melakukan pengobatan, dan memilih poliklinik yang dituju.

Baru Klinting Lingkari Gunung demi Diakui Anak Pertapa

Selain smart card, Puskesmas Mlonngo membuat inovasi smart monitor. Smart monitor digunakan pasien untuk memantau nomor antrean dan urutan panggilan pemeriksaan di masing-masing poliklinik. Dengan adanya smart monitor, estimasi waktu pemeriksaan pasien menjadi lebih pasti.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi mendukung adanya inovasi Senyum Si Sakit. Menurutnya, inovasi ini mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Selain itu, inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Mlonggo merupakan pilihan tepat inovasi pelayanan publik dengan biaya murah.

“Saya sangat mendukung munculnya inovasi baru agar pelayanan pemerintah semakin efektif, efisien, cepat, mudah, dan murah. Selain tujuan tersebut, aplikasi Senyum Si sakit Puskesmas Mlonggo tentu menjadi faktor penting yang mempengaruhi kesembuhan pasien,” ungkapnya dalam Youtube Puji Harmanto, Selasa (7/7/2020).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.