Cegah Persebaran Covid-19, Warga Grobogan Buat Kampung Siaga Virus Corona

Kabupaten Grobogan masuk zona merah setelah ada seorang pasien positif Covid-19 sehingga warga berinisiatif membentuk Kampung Siaga Virus Corona.

Cegah Persebaran Covid-19, Warga Grobogan Buat Kampung Siaga Virus Corona Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho menyerahkan Maklumat Kapolri kepada Ketua RW 020 Perumda, Purwodadi, Grobogan, Jateng. (Semarangpos.com-Arif Fajar S.)

Semarangpos.com, PURWODADI — Kabupaten Grobogan masuk zona merah setelah ada seorang pasien positif corona virus disease 2019 (Covid-19). Warga dengan difasilitasi Polres Grobogan kemudian berinisiatif membentuk Kampung Siaga Antisipasi Virus Corona

Pembentukan kampus siaga virus corona itu merupakan bentuk pencegahan persebaran Covid-19 di Kabupaten Grobogan. Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho menjelaskan ada lima kampung di dua kecamatan di Kabupaten Grobogan yang membentuk Kampung Siaga Antisipasi Virus Corona Polres Grobogan semacam itu.

Kelima kampung itu adalah RW 020 Perumda, Purwodadi; RW 007 Sambak Indah, Kelurahan Danyang;  kampung Sawahan, Kelurahan Danyang; dan Ngraji. Kesemuanya masuk wilayah Kecamatan Purwodadi, serta satu lagi di Desa Geyer, Kecamatan Geyer.

Gadis Indigo Lihat Kuntilanak Peliharaan di Bekas Kantor Semarang

AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho didampingi Dandim 0717 Purwodadi, Letkol Inf. Asman Mokoginta mengatakan Kampung Siaga Antisipasi Virus Corona merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam memutus mata rantai persebaran Covid-19 di Kabupaten Grobogan. Langkah itu dinilai strategis, apalagi mengingat jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah dan sudah mencapai angka 4.000 lebih.

Dengan adanya partisipasi masyarakat membentuk kampung siaga lanjut Kapolres, diharapkan bisa menjadi contoh sekaligus menggugah warga lainnya untuk membentuk Kampung Siaga Antisipasi Virus Corona. “Sehingga semakin banyak kampung siaga di Kabupaten Grobogan, upaya memutus mata rantai persebaran Covid-19 bisa maksimal,” ujar Kapolres saat launching Kampung Siaga Antisipasi Virus Corona di RW 020, Perumda, Purwodadi, Senin (13/4/2020).

"Kapolres

Patuhi Imbauan Pemerintah

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD), alat penyemprot disinfektan, tempat air dan sabun untuk mencuci tangan serta Maklumat Kapolri kepada RW 020 Perumda, Purwodadi dan RW 007 Sambak Indah, Kelurahan Danyang, Purwodadi. “Jangan lupa tetap patuhi imbauan pemerintah untuk social distancing, psycal distancing, menjaga kebersihan, dan memakai masker,” imbuh Kapolres.

Stasiun Semarang Tawang Nan Sarat Sejarah

Lurah Purwodadi Hendro Sutopo mengapresiasi langkah Kapolres Grobogan mefasilitasi pembentukan kampung pengantisipasi virus corona di sejumlah tempat. “Semoga menular ke RW lainnya,” ujar Hendro.

Ketua RW 020 Perumda, Purwodadi Sutejo menjelaskan ada empat RT di lingkungan RW tersebut. Sebagai Kampung Siaga Antisipasi Virus Corona akses masuk ke lingkungan RW 020 Perumda Purwodadi telah dipasangi bilik disinfektan, rumah-rumah warga menyediakan tempat cuci tangan, dan warga diminta berdiam diri di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak.

Ketua RT 001/RW 007 Sambak Indah, Danyang, Purwodadi Yusuf Al Hakim mendukung upaya pencegahan persebaran Covid-19 yang difasilitasi Polres Grobogan. “Semoga ini terus berlanjut sehingga jumlah kampung siaga di tengah pandemi Covid-19 semakin bertambah,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.