Beri Gelar Doktor HC ke Puan, Ini Penjelasan Undip Semarang

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memberikan penjelasan terkait pemberian gelar doktor honoris causa (HC) kepada Ketua DPR, Puan Maharani.

Beri Gelar Doktor HC ke Puan, Ini Penjelasan Undip Semarang Ketua DPR, Puan Maharani. (Dok. Solopos)

Semarangpos.com, SEMARANG — Ketua DPR Puan Maharani akan menerima anugerah gelar doktor honoris causa (HC) dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Pemberian gelar itu akan dilakukan dalam sebuah upacara akademik di Gedung Prof Sudarto, Kampus Undip Tembalang, Kota Semarang, Jumat (14/2/2020).

Rektor Undip Semarang, Prof. Yos Johan Utama, dalam siaran pers, Kamis (13/2/2020) menyebut Puan menjadi tokoh ke-13 yang meraih gelar doktor HC dari Undip.

Pengusulan Puan meraih gelar doktor HC bidang kebudayaan dan kebijakan pembangunan nasional ini semula diajukan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip dan direkomendasikan sejumlah tokoh, salah satunya mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang saat ini menjabat Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhajir Effendy.

“Pengusulan diajukan sejak beliau [Puan] menjabat sebagai Menko PMK,” tulis Yos dalam keterangan resmi.

Usulan itu pun akhirnya mendapat persetujuan Senat FIB Undip dan diajukan ke Senat Akademik Undip untuk dilakukan penelitian.

Setelah melalui serangkaian pengkajian dan penelaahan, Senat Akademik Undip akhirnya sepakat untuk memberikan gelar doktor kehormatan kepada cucu Presiden Pertama Indonesia tersebut.

Persetujuan Senat Akademik Undip itu didasarkan Pasal 3 Peraturan Mendikub No.21/2013 tentang Pemberian Gelar Doktor Kehormatan. Puan Maharani dianggap telah berkontribusi terhadap kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa, negara dan umat manusia.

“Sebagai Menko PMK maupun Ketua DPR peran besar beliau dalam kebijakan penyusunan beberapa produk hukum seperti UU No.5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan Indonesia dan PP No.2/2015 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.7/2012 tentang Penanganan Konflik Sosial,” tulis pihak Undip.

Persetujuan Senat Akademik Undip itu kemudian ditindaklanjuti dalam Keputusan Rektor Undip dan dibentuknya tim review serta pembimbingan penulisan naskah pidato penganugerahan.

Dalam upacara penganugerahan gelar doktor kehormatan nanti, Puan akan membacakan pidato berjudul ”Kebudayaan Sebagai Landasan Utama Membangun Manusia Indonesia Berpancasila Menuju Era Masyarakat 5.0”.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.