Bimo Bikin Wayang Ganjar Pranowo Bermasker

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta kepada Bimo, pengrajin wayang kulit di Desa Kapuhsari, Manyaran, Wonogiri, Jateng dibuatkan wayang bermasker.

Bimo Bikin Wayang Ganjar Pranowo Bermasker Tangkap layar unggahan Youtube Ganjar Pranowo menenai kunjungannya ke pengrajin wayang kulit di Desa Kapuhsari, Manyaran, Wonogiri, Kamis (6/8/2020). (Youtube-Ganjar Pranowo)

Semarangpos.com, WONOGIRI — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambangi kampung wayang di Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (6/8/2020). Dia meminta kepada Bimo, pengrajin wayang kulit di Desa Kapuhsari, Manyaran, Wonogiri, Jateng dibuatkan wayang bermasker.

Desa Kapuhsari memiliki potensi yang khas sebagai sentra pengembangan seni tatah sungging di Kabupaten Wonogiri. Kriya itu biasa diterapkan dalam pembuatan wayang kulit.

Terdapat 70 orang warga Desa Kapuhsari yang menjadi pengrajin wayang kulit. “Yang menarik dari desa ini adalah warganya banyak yang bisa tatah wayang hingga generasi ke-19,” ucap Ganjar Pranowo.

Semarangker Beri Darah ke Jenglot pada Kamis Malam Jumat Kliwon  

Berdasarkan sejarahnya, Desa Kapuhsari ini dihuni oleh keluarga dalang yang bernama Ki Kanda Buana. Keturunan Ki Kanda Buana inilah yang meneruskan dan melestarikan seni tatah sungging atau seni pahat kulit untuk dijadikan wayang.

Soal kualitas, wayang di Desa Kapuhsari tidak perlu diragukan lagi. Kampung ini pernah dipercaya untuk membuat suvenir Asian Games 2018.

Bocah Perajin Wayang

Dalam  Kanal Youtube Ganjar Pranowo, Rabu (12/8/2020), terlihat Gubernur Jateng itu menghampiri seorang anak laki-laki yang sedang memahat kulit yang akan dijadikan wayang.  Anak itu bernama Bimo, Usianya baru 14 tahun. Keterampilan memahat wayang kulit didapat dari kakeknya. “Saya diajari langsung oleh si mbah,” jawab Bimo.

Mengasah kreativitas menjadi alasan sang kakek untuk terus mengajarinya. “Saya ajari kerena  mengurangi main-main dan mengasah kreatifitas dirinya,” ucap sang kakek kepada Gubernur Jateng.

Batik Tri Dharma Sajikan Potensi Karanganyar dalam Sehelai Kain  

Ganjar berharap Bimo dapat membuat wayang yang lebih modern. “Nanti kamu buat wayang yang modern dan menggunakan tokoh yang lebih modern seperti artis, gubernur, bupati,” ujar Ganjar.

Gubernur Jateng lalu meminta kepada Bimo agar dirinya dibuatkan wayang. “Kamu buat wayang gambarnya pak gubernur yang menggunakan masker,” mintanya.

Bimo Pun menyanggupi tawaran Gubernur Jawa Tengah tersebut. Dirinya mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu satu minggu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.