Bus Trans Jateng Purwomanggung Resmi Meluncur, Gratis 9 Hari

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali meluncurkan bus Trans Jateng, kali ini dengan rute Terminal Kutoarjo Purworejo-Terminal Borobudur Magelang.

Bus Trans Jateng Purwomanggung Resmi Meluncur, Gratis 9 Hari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meresmikan bus Trans Jateng koridor I Purwomanggung di Pendapa Kabupaten Purworejo, Selasa (1/9/2020). (Semarangpos.com - Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Bus Trans Jateng koridor I Purwomanggung resmi diluncurkan, Selasa (1/9/2020). Di awal operasinya, bus yang memiliki rute Terminal Kutoarjo Purworejo – Terminal Borobudur Magelang ini akan digratiskan selama sembilan hari.

Purwomanggung merupakan singkatan dari Purworejo, Magelang, dan Temanggung. Meski demikian, untuk saat ini baru rute Purworejo-Magelang yang beroperasi.

Ada 14 unit yang disiapkan untuk melayani rute Terminal Kutoarjo-Terminal Borobudur saban harinya.

Gubernur Jateng Izinkan 7 Sekolah Ini Adakan Pembelajaran Tatap Muka, Mana Saja?

“Ini akan kita gratiskan selama sembilan hari sampai 9 September. Silakan bus-busan sak kemengmu (silakan naik bus sampai kamu capek),” ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat menghadiri peresmian Bus Trans Jateng Purwomanggung di Pendapa Kabupaten Purworejo, Selasa (1/9/2020).

Bus Trans Jateng Purwomanggu ini merupakan koridor keempat sejak kali pertama diluncurkan pada 2017 lalu.

Koridor Purwomanggung ini merupakan wilayah aglomerasi. Untuk tahap pertama ini yang diluncurkan adalah rute Purworejo – Magelang. Selanjutnya direncanakan juga akan diluncurkan rute Magelang – Temanggung.

Untuk rute koridor I Purwomanggung ini akan melintasi 14 halte yang tersebar sepanjang wilayah Kutoarjo hingga Borobudur.

Tarif normal

Ganjar mengatakan setelah sembilan hari digratiskan, tarif Trans Jateng akan diberlakukan tarif normal.

“Untuk penumpang umum tarifnya Rp4.000. Sementara untuk pelajar, buruh dan veteran tarifnya Rp2.000,” kata Ganjar.

Bakal Buka Sekolah, Salatiga Matangkan Kesiapan Angkutan

Meski tarif yang dikenakan kepada penumpang relatif murah, Ganjar menjamin kenyamanan serta keamanan. Terlebih pada  masa pandemk Covid-19.

Hadirnya Bus Trans Jateng Purwomanggung ini pun disambut gembira masyarakat Purworejo dan sekitarnya. Satu di antaranya adalah Marchsa Aulia Azzahra, siswi SMPN 19 Maron Purworejo.

Menurut dia, sudah semestinya di wilayahnya memiliki angkutan yang murah dengan pelayanan yang spesial.

“Biasanya kan kalau naik angkot itu desak-desakan dan tidak bersih. Ini kan sekolah sudah masuk dan biasanya diantar. Kalau sudah ada Trans Jateng, ya pilih naik ini,” tandasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.