Capaian Tes PCR Salatiga Tertinggi se-Jateng

Pemkot Salatiga melalui Dinas Kesehatan menyebut pencapaian tes Covid-19 dengan metode PCR di wilayahnya tertinggi se-Jawa Tengah atau Jateng.

Capaian Tes PCR Salatiga Tertinggi se-Jateng Ilustrasi tes swab dengan metode PCR. (Dok. Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SALATIGA – Pemerintah Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) mengklaim telah melakukan pemeriksaan Covid-19 melalui tes polymerase chain reaction (PCR) secara masif. Bahkan, mereka mengklaim selama sepekan terakhir, capaian tes PCR di Salatiga paling tinggi se-Jateng.

Hal itu disampaikan Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, kepada Semarangpos.com, Rabu (16/12/2020). Siti menyebut selama sepekan terakhir capaian tes PCR di Salatiga dari segi orang yang di tes mencapai 539%.

“Tes PCR di Salatiga itu kan ditarget setiap pekan 197 spesimen. Nah, pekan kemarin itu kita bisa melakukan tes sampai 1.300-an. Berarti kan sudah 700% lebih,” ujar Siti.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Naik Pesat

Siti mengatakan berdasarkan jumlah spesimen yang dites, Salatiga menempati urutan teratas di Jateng dengan capaian 744%. Sementara di urutan kedua Kota Magelang dengan 443%, disusul Wonosobo 374%, Kota Semarang 370%, dan Purworejo 262%.

Sedangkan berdasar jumlah orang yang dites, Salatiga juga menempati urutan teratas di Jateng dengan 539%. Disusul Kota Magelang 415%, Kota Semarang 326%, Purworejo 245%, dan Purbalingga 212%.

Sementara itu, dari data itu terungkap kabupaten/kota yang paling rendah dalam menggelar tes PCR baik secara spesimen maupun orang adalah Brebes dan Blora. Capaian Brebes hanya 73% dari target spesimen dan 69% dari target orang yang dites.

Lebih lanjut, Siti mengaku dengan banyaknya tes yang dilakukan itu membuat orang yang terpapar Covid-19 di Salatiga semakin banyak ditemukan.

Tambah 66 Kasus

Per Rabu ini, bahkan ada tambahan 66 kasus. Dengan demikian, hingga saat ini total kasus Covid-19 di Salatiga telah mencapai 1.219. Perinciannya, 418 kasus aktif, 776 kasus sembuh, dan kasus kematian 25.

Kasus Pertama Di Salatiga, Nakes Meninggal Gegara Covid-19

“Dengan banyaknya tes itu, ya risikonya semakin banyak kasus yang ditemukan. Bahkan, saking banyaknya kasus yang ditemukan Rt [angka reproduksi Covid-19] di Salatiga mengalami kenaikan. Saat ini berada di angka 2 [zona merah Covid-19],” jelas Siti.

Kendati demikian, Siti tidak mempermasalahkan jika makin banyak kasus Covid-19 yang ditemukan. Hal itu justru membuat pihaknya bisa melakukan penanganan penularan Covid-19 secara tepat.

“Semakin cepat ditemukan, kita jadi semakin cepat juga dalam melakukan penanganan. Kan instruksi dari pemerintah pusat kita harus melakukan 3T, tracing, testing, dan treatment,” tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.