Terungkap! Ini Sebab Data Kematian Covid-19 Jateng & Pusat Beda

Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianton Prabowo, mengungkapkan penyebab perbedaan data kematian akibat Covid-19 antara Pemprov Jateng dengan Satgas Covid-19 nasional.

Terungkap! Ini Sebab Data Kematian Covid-19 Jateng & Pusat Beda Ilustrasi pasien Covid-19 meninggal dunia. (dok. Solopos)

Semarangpos.com, SEMARANG — Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah atau Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, akhirnya buka suara terkait perbedaan data kematian Covid-19 milik Pemprov Jateng dengan pemerintah pusat.

Ia menyebut perbedaan itu lebih dikarenakan sumber data yang didapat masing-masing instansi.
“Kalau kami [Pemprov Jateng], data diperoleh dari corona realtime, dari faskes [fasilitas kesehatan]. Kalau pusat ada yang dari laboratorium juga. Jadi dikonfirmasi betul. Apa benar-benar meninggal karena Covid-19 atau lainnya,” ujar Yulianto saat menggelar jumpa pers secara virtual, Rabu (25/11/2020).
Yulianto berharap perbedaan data itu tidak perlu dipermasalahkan. Perbedaan, menurutnya hal yang wajar selama bisa dipertanggungjawabkan.
“Perbedaan data itu wajar dan sejauh ini masih dinamis. Selama masih bisa dipertanggungjawabkan enggak masalah,” ujarnya.
Data kematian Covid-19 di Jateng yang disampaikan Pemprov Jateng dengan Satgas Covid-19 nasional memang mengalami perbedaan yang mencolok. Selisihnya, bahkan mencapai 1.225 kasus.
Data yang disampaikan Pemprov Jateng melalui laman Internet corona.jatengprov.go.id, angka kematian akibat Covid-19 per Rabu (25/11/2020) mencapai 3.387 orang.
Sementara data yang berbeda dirilis Satgas Covid-19 pusat. Menurut Satgas Covid-19 kematian akibat Covid-19 di Jateng hingga kini mencapai 2.162 jiwa.
KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.