Tutup Iklan

Shinta Dewi, Putri Cantik Nan Pemilih Jadi Legenda Kawah Sikidang

Shinta Dewi yang merupakan tokoh penting dari legenda terbentuknya Kawah Sikidang Dieng di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Shinta Dewi, Putri Cantik Nan Pemilih Jadi Legenda Kawah Sikidang Tangkapan layar dari video unggahan channel Riri Cerita Anak Interaktif di Youtube, Jumat (18/10/2019). (Youtube-Riri Cerita Anak Interaktif)

Semarangpos.com, BANJARNEGARA — Kawah Sikidang Dieng terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Pernah dengar perempuan cantik bernama Shinta Dewi? Gadis yang mempunyai sifat pemilih tersebut merupakan tokoh penting dari legenda terbentuknya Kawah Sikidang.

Kisah itu disarikan Semarangpos.com, Jumat (31/7/2020), dari unggahan Youtube channel Riri Cerita Anak Interaktif pada 18 Oktober 2019 silam. Menurut pengelola channel itu, pada zaman dahulu terdapat sebuah desa yang sangat subur. Seorang putri bernama Shinta Dewi tinggal di sana.

Keindahan wajah Shinta Dewi terkenal di masyarakat. Semua orang memujanya. Tidak heran jika setiap ia pergi, orang-orang berkerumun di dekatnya.

Ada Perempuan Berbaju Putih dan Hantu Tanpa Kepala di Danau UNS Solo

“Halo, Tuan Putri Cantik! Ini ada ikan untukmu,” ujar pedagang pria di pasar. Pedagang wanita juga rela memberikan buah-buahan yang dijualnya kepada Shinta Dewi.

Selain tetangga dan pedagang yang ramah, Shinta Dewi dikelilingi oleh para pemuda yang jatuh hati kepadanya. Namun, tidak ada lelaki yang dapat menarik perhatiannya.

Ketika mereka menawarkan bantuan, perempuan itu langsung menolaknya. “Terima kasih. Aku bisa membawanya sendiri,” ucapnya.

Ada Cahaya Misterius Sertai Cerita Penemuan Harta Karun di Klaten  

Tidak jarang pangeran dari daerah lain yang mendatangi Shinta Dewi untuk meminangnya. Ternyata kabar kecantikan si putri sudah tersebar hingga ke negeri lain.

Pasang Muka Masam

Shinta Dewi terlihat mengembuskan napas melalui mulut. Karena hampir setiap hari para pangeran berkeinginan meminangnya, dia pun bosan sehingga selalu memasang muka masam.

Pada suatu hari, tiga pangeran dari daerah lain pergi menghadap Shinta Dewi. Salah satu di antara mereka segera maju. Ia bernama Pangeran Bratawali. Pemuda itu merayu dengan mengatakan bahwa keelokan wajah Shinta Dewi bagaikan bidadari.

Kisah Sedih Nan Sadis di Rumah Dinas Dekat Pabrik Gula Sewugalur

Sang putri yang menjadi tokoh utama legenda Kawah Sikidang itu mendadak menghentikan omongan Pangeran Brata. Lalu, dia mengaku kalau tidak tertarik kepada si pangeran secara gamblang.

Dua pemuda lainnya tertawa mengejek. “Dan kalian berdua, pangeran siapa pun nama kalian, maaf aku harus menolak kalau kalian ingin meminangku. Kalian tidak sesuai dengan kriteriaku,” ujar Shinta Dewi kepada mereka.

Akhirnya, ketiga pangeran tadi sadar bahwa Shinta Dewi sama seperti yang dikatakan oleh rumor itu. Ternyata putri berparas jelita tersebut memang sangat pemilih dalam mencari pasangan hidupnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.