Cuaca Ekstrem Diperkirakan Landa Jateng Akhir Pekan Ini, Ayo di Rumah Saja!

BMKG Ahmad Yani Semarang memprediksi cuaca ekstrem melanda Jateng saat akhir pekan nanti, atau saat program "Jateng di Rumah Saja" diberlakukan.

Cuaca Ekstrem Diperkirakan Landa Jateng Akhir Pekan Ini, Ayo di Rumah Saja! Ilustrasi hujan. (Dok. Solopos.com)

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang memprediksi cuaca ekstrem bakal melanda sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu-Minggu (6-7/2/2021) nanti.

Dengan kondisi itu, masyarakat di Jateng pun sebaiknya tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah atau tinggal di rumah saja saat akhir pekan nanti, sesuai imbauan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Sebelumnya, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengimbau kepada warganya agar berdiam diri di rumah selama dua hari, pada Sabtu dan Minggu nanti. Imbauan itu disampaikan Ganjar dalam rangka menekan laju persebaran kasus Covid-19 di Jateng yang tergolong tinggi.

Baca juga: Jateng Dibayangi Cuaca Ekstrem, BMKG: Waspadai Banjir Bandang!!!

Sementara itu, dari BMKG Ahmad Yani Semarang memprediksi cuaca di sejumlah wilayah Jateng dalam tiga hari ini, Jumat-Minggu berpotensi terjadi cuaca ekstrem yang disertai hujan dengan intensitas lebat, angin kencang, dan petir.

“Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah Jateng. Selain itu masa udara yang labil dan kelembaban udara tinggi meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di Jateng. Kondisi itu pun menyebabkan adanya cuaca ekstrem dengan hujan lebat, disertai kilat dan angin kencang,” tulis Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Sutikno, dalam keterangan resminya, Jumat.

Sutikno menyebutkan kabupaten/kota yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem itu ada di wilayah Pekalongan Raya, Soloraya, Banyumas Raya, dan eks Keresidenan Kedu, pada Jumat.
Sementara pada Sabtu nanti, potensi cuaca ekstrem terjadi di wilayah Pekalongan Raya, Soloraya, Cilacap, dan Kendal.

Sedangkan, cuaca ekstrem akan melanda wilayah Pekalongan Raya, Soloraya, sebagian wilayah Banyumas Raya, Magelang, dan Kendal pada Minggu nanti.

Hujan dan Petir

Kepala Data dan Informasi BMKG Ahmad Yani Semarang, Iis Widya Harmoko, menambahkan potensi hujan lebat disertai angin kencang memang akan melanda sejumlah wilayah di Jateng.

“Meski demikian, belum tentu satu kabupaten/kota akan dilanda hujan semua,” ujar Iis kepada Semarangpos.com, Jumat siang.

Baca juga: Puncak Musim Hujan, Ribuan Sawah di Jateng Terendam Banjir

Iis pun mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati terhadap potensi angin puting beliung, hujan lebat yang disertai petir.

“Kalau pun mau di rumah saja, masyarakat juga dimohon tetap waspada. Selalu monitor info cuaca di kanal resmi BMKG, serta memperhatikan lingkungan sekitar,” tutur Iis.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.