Tutup Iklan

Purwokerto Diguyur Hujan Es

Fenomena alam berupa hujan es melanda wilayah Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu (10/4/2021) sore.

Purwokerto Diguyur Hujan Es Ilustrasi hujan. (www.theodysseyonline.com)

Semarangpos.com, PURWOKERTO – Fenomena hujan es melanda wilayah Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (10/4/2021).

Dikutip dari Suara.com, fenomena hujan es itu terjadi di wilayah Kelurahan Bancarkembar, Purwokerto Utara. Sejumlah warga mengaku hujan es sebesar kerikil terjadi saat cuaca ekstrem berupa angin kencang dan hujan deras melanda.

Seorang warga RT 008/RW 001 Kelurahan Bancarkembar, Purwokerto Utara, Budi, mengatakan kejadian hujan es itu terjadi sekitar pukul 15.45 WIB.

Baca juga: Waspada! Cuaca Ekstrem Disertai Hujan Es Intai Jateng

“Waktu kejadian bunyinya lumayan keras. Atap saya seperti dilempari batu kerikil kecil. Bahasa jawanya ya kemratak,” katanya kepada Suara.com, Sabtu (10/4/2021) petang.

Kejadian tersebut menurutnya berlangsung tidak begitu lama. Kurang dari sepuluh menit. Namun sempat membuat takut keponakannya karena hujan yang begitu lebat.

“Tadi kejadian hujan es nya sekitar 3-5 menit yang terus menerus. Tapi alhamdulilah tidak ada yang rusak rumah saya,” terangnya.

Ia sempat membuat status di aplikasi perpesanan WhatsApp. Menurutnya banyak yang tidak menyadari kejadian tersebut karena derasnya hujan yang mengguyur disertai petir. Namun keponakannya yang melihat status WhatsApp miliknya langsung memberikan respons.

“Mereka sepertinya banyak yang tidak menyadari, ketika suara ‘kemratak’ nya, karena dikira hujan yang luar biasa derasnya. Kebetulan saja saya penasaran. Ketika itu saya melihat jatuhan biji-biji es sebesar kedelai. Keponakan saya yang tinggal di daerah Pabuaran malah ketakutan, dikira suara apaan,” tandasnya.

Baca juga: Jadwal Imsak Muhammadiyah & Kemenag Selisih 8 Menit, Wagub Jateng: Jangan Saling Menyalahkan

Saat ini, menurutnya kondisi hujan es sudah tidak terjadi. Hanya saja petir besar masih kerap menyambar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.