Daripada Gelar Gowes Massal, Gubernur Ganjar Minta Bupati Brebes Perbanyak Tes Covid-19

Bupati Brebes, Idza Priyanti, menghadiri acara gowes massal dan dangdut yang dihadiri ribuan orang, meski situasi masih pandemi Covid-19.

Daripada Gelar Gowes Massal, Gubernur Ganjar Minta Bupati Brebes Perbanyak Tes Covid-19 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memaparkan progres penanganan Covid-19 di Jawa Tengah. (Antara-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menegur Bupati Brebes, Idza Priyanti, yang tidak mengindahkan protokol pencegahan Covid-19 saat menghadiri acara gowes massal di Kecamatan Tonjong, Minggu (12/7/2020).

Terlebih lagi saat ini kondisi Jawa Tengah (Jateng), termasuk Brebes belum bisa dikatakan aman dari wabah virus corona atau pandemi Covid-19.

“Barusan saya dilapori teman-teman di Brebes, ada masyarakat dan kades yang lapor saya. Langsung saya lihat berita dan videonya. Lo, Itu kan berbahaya,” kata Ganjar, Minggu (12/7).

Ayah Kerja di Semarang, Keluarga di Salatiga Positif Covid-19, Termasuk Bayi 9 Bulan

Ganjar pun meminta Bupati Brebes untuk tidak menggelar acara massal dulu. Hal itu dikarenakan persebaran kasus positif Covid-19 masih fluktuatif.

“Ini kan di Jawa masih berkembang [Covid-19]. Hampir semua titik di Jateng, Jabar, Jatim, dan DIY juga masih terjadi. Maka ayo kita punya sense soal itu,” imbuhnya.

Daripada menggelar acara yang mengundang kerumunan massa, Ganjar meminta Bupati Brebes untuk memperbanyak pemeriksaan Covid-19 secara massal, baik melalui rapid test maupun PCR test.

Testing-testing massal ini sebenarnya aktivitas yang didorong. Saya minta coba lakukan tes masif dulu di seluruh wilayah Brebes agar mengetahui petanya seperti apa. Menurut saya itu jauh lebih baik,” tegasnya.

Tes massal

Apabila Brebes sudah melakukan tes masif seperti Kota Semarang, maka akan diketahui bagaimana kondisinya. Apakah Brebes masuk zona merah, kuning atau hijau, bisa diketahui.

“Dengan cara itu, maka kita bisa mengetahui kondisi sebenarnya. Kalau mau ada event, ya dipilih mana yang hijau, kecamatan mana, desa mana, yang boleh ikut siapa, protokol kesehatannya seperti apa. Untuk mengetahui mana-mana daerah merah, kuning hijau itu hanya bisa melalui tes massal,” ujar Ganjar.

Hasil Tes PCR RSUD Wongsonegoro Keliru, Calon Penumpang di Bandara YIA Gagal Terbang

Sebelumnya, Bupati Brebes, Idza Priyanti menghadiri acara gowes bersama di Kecamatan Tonjong. Acara yang dihelat di salah satu lapangan dengan hiburan dangdut itu dihadiri ribuan orang.

Namun, acara yang sejatinya digelar untuk menyambut tatanan kehidupan baru atau new normal itu jauh dari penerapan protokol pencegahan Covid-19.

Dari foto dan video yang beredar di media sosial, banyak warga yang hadir tidak memakai masker maupun menerapkan physical distancing.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.