Tutup Iklan

Digelar saat Pandemi, Pasar Sentiling Kota Lama Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Event tahunan Pasar Sentiling Festival Kota Lama di Semarang tetap digelar, meski pun pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Digelar saat Pandemi, Pasar Sentiling Kota Lama Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Ilustrasi Pasar Sentiling di Kawasan Kota Lama Semarang pada tahun lalu. (Semarangpos.com-Media Relation Festival Kota Lama)

Semarangpos.com, SEMARANG – Setelah sempat tertunda selama sebulan, Pasar Sentiling di Kawasan Kota Lama, Kota Semarang, akhirnya diizinkan untuk digelar secara tatap muka.

Event yang menjadi rangkaian acara Festival Kota Lama itu digelar di dua gedung bersejarah, Gedung Soesmans dan Gedung Koperasi Batik Indonesia (GKBI), Jumat-Minggu (23 Oktober-1 November 2020).

Koordinator Acara Pasar Sentiling, Katarina Keket, mengatakan meski diizinkan digelar, Pasar Sentiling wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Giliran Festival Kota Lama Digelar Virtual

“Protokol kesehatan kita terapkan ke pengunjung bukan hanya lewat 3 M [memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak]. Tapi, pengunjung juga akan kita batasi maksimal 50 orang,” ujar Katarina saat jumpa pers di GKBI, Kamis (22/10/2020).

Katarina menambahkan dengan adanya pembatasan pengunjung itu, pihaknya pun menerapkan sistem sif guna menerima pengunjung.

Sistem sif diterapkan mulai pukul 11.00 WIB-21.00 WIB saat akhir pekan, dan pukul 15.00 WIB-21.00 WIB saat week day. Setiap sif dibatasi maksimal 1 jam.

“Jadi, nanti seumpama dalam satu sif pengunjungnya sudah 50 orang, kita langsung tutup. Baru di sif berikutnya kita buka lagi. Pengunjung juga akan kita cek suhu tubuh dan wajib pakai masker,” imbuhnya.

Katarina mengatakan Pasar Sentiling merupakan rangkaian acara Festival Kota Lama yang digelar setiap tahun sejak 2012. Acara ini seharusnya digelar pada bulan September lalu.

Namun, karena saat itu kasus Covid-19 di Kota Semarang masih melonjak, acara Pasar Sentiling akhirnya ditunda. Sebagai gantinya, pihak penyelenggara hanya menggelar acara pembukaan Festival Kota Lama secara virtual pada September lalu.

31 Stan Kuliner

Pasar Sentiling akan menampilkan aneka kuliner khas Kota Semarang dan Jawa Tengah (Jateng). Total ada 31 stan kuliner yang tampil di event bertajuk “Kuno, Kini, dan Nanti” itu.

436 Destinasi Wisata di Jateng Telah Dibuka, Siap Liburan?

“Stan kuliner yang tampil berasal dari para pelaku UMKM. Selain untuk mengairahkan pelaku UMKM, acara ini juga wujud konsistensi bahwa Pasar Sentiling meski pandemi,” jelasnya.

Nah, penasaran ingin menyambangi Pasar Sentiling? Bagi pengunjung yang ingin masuk ke area Pasar Sentiling harus terlebih dulu melakukan registrasi di situs web www.festivalkotalama.com. Setelah registrasi, pengunjung bisa membeli voucer senilai Rp85.000 atau Rp100.000.

“Voucer itu sebagai tiket masuk dan juga berbelanja. Kami memang tidak menerapkan transaksi tunai di event ini. Semuanya secara digital,” kata Katarina.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.