Diresmikan Besok, Taman Wisesa Salatiga Telan Rp100 M

Pemkot Salatiga melakukan prelaunching Taman Wisata Sejarah Salatiga (Wisesa) pada akhir pekan ini, Sabtu (11/1/2020).

Diresmikan Besok, Taman Wisesa Salatiga Telan Rp100 M Ilustrasi taman di Salatiga. (Instagram @wisatasalatiga)

Semarangpos.com, SALATIGA — Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga membangun Taman Wisata Sejarah Salatiga (Wisesa) Desa Bugel, Kecamatan Sidorejo yang menelan biaya Rp100 miliar. Taman Wisesa itu rencananya akan di-prelaunching pada akhir pekan ini, Sabtu (11/1/2020).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga, Fakruroji, mengatakan taman seluas 4 ha itu nantinya akan berisi barang-barang peninggalan para pahlawan asal Kota Salatiga. “Saat ini, replica alat-alat tempur yang digunakan pahlawan asal Salatiga sudah sampai di lokasi,” ujar Fakruroji, Kamis (9/1/2020).

Fakruroji menambahkan anggaran pembangunan Taman Wisesa tak hanya berasal dari APBD Kota Salatiga. Anggaran juga berasal dari bantuan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pariwisata, termasuk juga dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng).

“Ada juga CSR dari perusahaan yang kerja sama dengan kementerian,” tuturnya.

Fakruroji mengungkapkan, selain museum, Taman Wisesa juga dilengkapi insfrastruktur pendukung. Di antaranya lahan untuk kuliner dan taman bermain, termasuk lapangan yang bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat, seperti upacara.

“Untuk pengelolaan, nanti ada beberapa spot yang gratis dan ada juga yang dikerjasamakan, ini lebih untuk biaya perawatan wahana yang ada,” jelasnya.

Menurutnya, keunggulan Taman Wisesa adalah mengangkat potensi wisata sekaligus mengajarkan nilai patriotisme atau kepahlawanan. “Ikon dari Taman Wisesa adalah tiga pahlawan nasional dari Salatiga,” terang Fakruroji.

Ketiga pahlawan itu yakni Marsekal Muda Adisoetjipto, Laksamana Yosaphat Soedarso, dan Brigadir Jenderal Sudiarto. Untuk prelaunching taman bertema kepahlawanan itu, Pemkot Salatiga menggelar pawai motor besar dan sepeda santai.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.