Tutup Iklan

Disebut Jadi Kampus Jozeph Paul Zhang, UKSW Salatiga Buka Suara

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga akhirnya buka suara terkait Jozeph Paul Zhang yang dilaporkan atas kasus penistaan agama.

Disebut Jadi Kampus Jozeph Paul Zhang, UKSW Salatiga Buka Suara Penista agama, Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoeljono. (detik.com)

Semarangpos.com, SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga akhirnya buka suara terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Jozeph Paul Zhang.

Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, menyatakan jika Jozeph Paul Zhang, yang punya nama asli Shindy Paul Soerjomoeljono memang pernah mengenyam kuliah di kampus tersebut.

“Shindy Paul Soerjomoeljono adalah alumnus UKSW. Yang bersangkutan lulus dari Fakultas Pertanian [sekarang Fakultas Pertanian dan Bisnis] pada 1996. Ia sempat melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen, tapi tidak selesai,” ujar Neil, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Jozeph Paul Zhang yang Mengaku Nabi ke-26 Punya KTP Salatiga & Pernah Jualan Komputer

Neil menambahkan selama menjalani kuliah di UKSW Salatiga, Jozeph Paul Zhang tergolong pandai. Oleh karenanya, ia pun terkejut Jozeph Paul Zhang atau yang dikenal dengan nama Shindy Paul itu membuat pernyataan yang menyakiti banyak orang.

“Sebagian warga UKSW memahaminya sebagai mahasiswa yang tergolong pandai saat kuliah. Sepatutnya ia kini menjadi seorang pribadi yang lebih matang karena pengalaman hidup. Namun, melihat yang dilakukan kami sulit memahami dari perspektif model perilaku warga UKSW,” jelas Neil.

UKSW juga menyatakan jika kampus membentuk sosok Jozeph sebagai sebagai pribadi yang kritis terhadap hal-hal prinsipil, sekaligus realitis terhadap kondisi lingkungan. Meski demikian, ia seharusnya menjadi sosok yang bertanggung jawab moral dan sosial dalam menyampaikan pikiran.

“Oleh karena itu, kami melihat apa yang dilakukan Shindy Paul adalah sikap pribadi yang tidak mewakili siapa pun. Bukan saja itu tidak merepresentasi karakter alumni UKSW, tapi juga bukan gambaran perilaku kaum Kristen,” tegas Neil.

Penistaan Agama

UKSW pun menyesal dengan kasus yang menimpa alumnusnya itu. Apalagi, pernyataannya yang dinilai mengandung muatan penistaan agama.

“UKSW adalah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi. Namun, kami menilai tindakannya menyampaikan pandangan pribadi, apalagi bersifat subjektif dan kontroversial di ruang digital menggambarkan ketiadakan sikap fairminded atau adil dalam dirinya,” jelas Neil.

Baca juga: Flyover Ganefo Mranggen di Demak Ditarget Rampung Maret 2022

Jozeph Paul Zhang atau yang bernama asli Shindy Paul Soerjomoeljono dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri atas tuduhan penistaan agama. Ia dilaporkan setelah mengaku sebagai nabi ke-26 dalam kanal Youtube berjudul “Puasa Lalim Islam”.

Ia saat ini menjadi buronan aparat kepolisian dan dikabarkan telah kabur ke salah satu negara di Eropa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.