Eksis Sejak Abad ke-16, Ini 4 Fakta dan Sejarah Unik Restoran All You Can Eat

Demam AYCE yang awalnya berasal dari menu kebarat-baratan, terus berkembang hingga diadopsi dalam berbagai varian menu.

Eksis Sejak Abad ke-16, Ini 4 Fakta dan Sejarah Unik Restoran All You Can Eat Salah satu restoran All You Can Eat (AYCE) milik Boga Group di pusat perbelanjaan. Beberapa tahun belakangan, restoran dengan konsep AYCE kian populer di Indonesia. (Istimewa)

Semarangpos.com, JAKARTA — Restoran berkonsep All You Can Eat (AYCE) semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia, beberapa tahun terakhir. Kini semakin banyak pelaku usaha mengadopsi konsep restoran AYCE dengan mengusung keunikan masing-masing. Tak punya berlokasi di pusat perbelanjaan, tempat makan dengan konsep AYCE juga ada ada di deretan pedagang kaki lima.

Kepopuleran restoran All You Can Eat ternyata juga menyimpan beberapa fakta dan sejarah yang menarik. Tak hanya lezat dan membuat keinginan untuk makan memuncak, konsep AYCE pun memiliki keunikan lainnya. Berikut 4 fakta dan sejarah unik dari restoran AYCE.

-Sudah Ada Sejak Abad ke-16

Konsep restoran AYCE pertama kali ada pada abad ke-16 di negara belahan Eropa, yaitu Swedia. Konsep ini digunakan oleh masyarakat Swedia untuk menyambut para tamu yang datang ke sebuah pesta. Masyarakat Swedia menyebut konsep prasmanan ini dengan sebutan brännvinsbord yang berarti meja penuh semangat. Menariknya, pada abad ke-18 menu yang disajikan pada jamuan prasmanan ini sempat mengalami inovasi dari yang awalnya menyediakan roti dan mentega, divariasikan menjadi salted fish, telur, sayuran, dan lainnya.

Baca juga: ShopeePay 12.12 Birthday Deals Hadir Rayakan Pencapaian UMKM Sepanjang 2021

-Makin populer berkat olimpiade musim panas

Konsep makan AYCE semakin populer sejak muncul di Olimpiade musim panas Stockholm tahun 1912 yang dihadiri oleh peserta dari banyak negara di dunia. Banyaknya peserta dari berbagai negara membuat penyebaran konsep restoran AYCE bisa lebih meluas dan tak sedikit negara yang ikut menerapkan konsep makan AYCE di negara mereka, termasuk Indonesia.

-Menu kian bervariasi

Demam AYCE yang awalnya berasal dari menu kebarat-baratan, terus berkembang hingga diadopsi dalam berbagai varian menu. Termasuk beberapa negara di Asia salah satunya Jepang yang mengadopsi konsep restoran AYCE dengan sentuhan budaya dan makanan khas Jepang.

Konsep yang diadopsi oleh Jepang sendiri turut diaplikasikan di Indonesia seperti restoran AYCE yang mengangkat menu grill dan shabu-shabu khas Jepang di restoran AYCE dari Boga Group. Boga Group sendiri merupakan grup usaha yang mengoperasikan beberapa restoran AYCE ternama seperti Shaburi, Kintan Buffet, dan Onokabe.

Baca juga: Jangan Dipendam, Ini Tiga Cara Positif untuk Meluapkan Perasaan

-Alasan di balik batasan waktu makan

Meskipun konsep dari restoran AYCE ini adalah makan sepuasnya, kamu tetap perlu bijak agar tidak ada makanan yang terbuang. Hal inilah yang mendasari restoran AYCE menetapkan beberapa aturan bagi pelanggannya. Aturan yang dilakukan berbeda-beda, seperti memberi batasan waktu makan yang umumnya bervariasi dari 90-120 menit hingga memberikan denda atas makanan yang tidak dihabiskan.

-Tips bijak dan cuan makan AYCE

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan pengalaman makan di restoran AYCE serta agar lebih untung. Pertama, mulailah dengan makanan yang ringan seperti sayur-sayuran agar tidak cepat kenyang. Ambil porsi makanan yang secukupnya, lalu habiskan dulu sebelum mengambil menu lain. Hal ini untuk menghindari makanan yang kamu ambil terbuang sia-sia sekaligus agar kamu tidak sakit perut karena kekenyangan.

Kedua, agar lebih untung, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu promo yang sedang berlangsung di restoran AYCE yang hendak kamu tuju. Salah satu restoran AYCE premium yang kerap memberikan promo adalah Shaburi & Kintan Buffet. Saat ini, keduanya tengah memberikan promo Voucher Cashback 100% pada kampanye Shopee Mantul Sale yang berlangsung hingga 27 November dan ShopeePay 12.12 Birthday Deals pada 28 November – 14 Desember.

Baca juga: Berbeda Rasa hingga Bentuk, Ini 4 Tipe Pizza yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Untuk mendapatkan promonya, kamu hanya perlu membeli voucher cashback 100% pada fitur Deals Sekitarmu di halaman utama aplikasi Shopee, lalu gunakan voucher tersebut saat pembayaran di outlet Shaburi & Kintan Buffet yang tersebar di Jadetabek, Medan, Batam, Jogjakarta, Semarang,dan Makassar.

“Untuk menghadapi antusiasme masyarakat akan konsep AYCE, kami senantiasa berinovasi dengan memberikan pilihan daging premium, pilihan kuah atau dipping sauce yang beragam, dessert yang lezat, hingga memberikan seasonal soup yang berganti setiap tiga bulan sekali. Kolaborasi yang kami lakukan dengan ShopeePay pada kampanye Shopee Mantul Sale dan ShopeePay 12.12 Birthday Deals juga menjadi cara untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat menikmati makanan AYCE favorit mereka,” Kusnadi Rahardja, Presiden Direktur Boga Group, dalam rilis, Jumat (26/11/2021).

Berbicara mengenai seasonal soup, Shaburi saat ini tengah menawarkan menu tom yum sebagai seasonal soup terbarunya. Menu tersebut bisa dinikmati saat kamu memilih pilihan kuah yang berlaku di seluruh outlet Shaburi periode Oktober-Desember 2021. Selamat mencoba!

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.