Fondasi Jembatan Merah Tinjomoyo Rusak, Wali Kota Semarang Sigap Bertindak

Laporan warganet di laman Facebook grup MIK Semar tentang fondasi Jembatan Merah Tinjomoyo, Semarang yang rusak direspos Hendrar Prihadi.

Fondasi Jembatan Merah Tinjomoyo Rusak, Wali Kota Semarang Sigap Bertindak Fondasi Jembatan Merah Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah terbelah menjadi dua setelah diterjang banjir. (Facebook—MIK Semar)

Semarangpos.com, SEMARANG — Seorang warganet di laman Facebook grup MIK Semar melaporkan fondasi Jembatan Merah Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang rusak. Mengetahui hal itu, Hendrar Prihadi selaku wali kota Semarang langsung melakukan tindakan.

Lewat grup Facebook MIK Semar, Selasa (10/3/2020), pengguna akun Ari Lawang Sewu menulis keluhannya tentang Jembatan Merah Tinjomoyo. Menurutnya, infrastruktur Semarang itu sudah tidak lagi sempurna.

Jembatan Merah Tinjomoyo berlokasi di area Hutan Wisata Tinjomoyo. Jembatan tersebut berwarna merah di bagian pegangannya dengan jalan yang terbuat dari bambu. Di bagian atas terdapat tali-tali yang menggantung.

Foto bukti tanah penopang jembatan tergerus. (Facebook.com-MIK Semar)
Foto bukti tanah penopang jembatan tergerus. (Facebook.com-MIK Semar)

“Setelah beberapa kali ada banjir besar di Kaligarang, tanggul atau fondasi Jembatan Merah Tinjomoyo putus,” tulisnya dalam caption yang terpantau Semarangpos.com, Rabu (11/3/2020).

Rektor Unnes Dituntut Bayar Ganti Rugi Rp5,05 Miliar

Ia juga memaparkan jika Kaligarang terkena banjir, tanah fondasi pilar utama Jembatan Merah Tinjomoyo akan tergerus air.   Untuk membuktikan unggahannya, ia juga menambahkan foto yang menampilkan kondisi rusak fondasi jembatan di objek wisata Semarang itu.

Dalam foto terlihat kondisi fondasi jembatan yang sudah terbelah menjadi dua. Tanah di sekitar penopang jembatan juga tergerus akibat banjir. Jika tidak segera ditangani akan membahayakan pengendara yang lewat.

“Padahal di sana ada rencana akan dibangun jembatan kaca, tapi Jembatan Merah Tinjomoyo kok wes mengkhawatirkan,” tambahnya dalam kolom komentar.

Seperti yang dihimpun Semarangpos.com dari berbagai sumber, Pemerintah Kota Semarang mempunyai rancangan melakukan perbaikan Hutan Tinjomoyo. Tak jauh dari hutan wisata tersebut, akan dibangun jembatan kaca tepat di atas Kaligarang.

Cerita di Balik Rumah Akar Kota Lama yang Instagramable

Unggahan milik Ari tersebut langsung dibanjiri komentar netizen. “Semoga segera ada penanganan sebelum banjir, karena masih musim penghujan,” tulis akun @Yono.

Ditautkan ke Wali Kota

Tak sedikit netizen yang menyertakan tautan ke Facebook wali kota Semarang Hendrar Prihadi Hendi Real. Mereka berharap Jembatan Merah Tinjomoyo dapat segera ditindaklanjuti.

Seperti akun Alexa Hari yang berkomentar dengan memberi informasi pengaduan. “Kirim fotonya dan share location,” tulisnya.

Gadis Indigo Disambut Monyet Sunan Kalijaga di Gua Kreo

Benar saja, tak berselang lama Hendi–sapaan akrab Hendrar Prihadi–meramaikan kolom komentar. Dalam komentarnya, ia mengutus Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang segera melakukan perbaikan.

“Cc [carbon copy] @DPU Kota Semarang tolong cek lapangan perbaiki,” tulisnya dengan menandai akun milik DPU Kota Semarang.

Warganet pun langsung memuji sigapnya Hendrar Prihadi dalam bertindak. “Matur suwun Pak atas responsnya,” balas si pengunggah laporan Ari Lawang Sewu.

“Bapak panutanku memang jos tenan. Mboten gela milih panjenengan Pak Hendi. [Tidak menyesal memilih anda Pak Hendi],” ungkap Erwin Marscelino dalam kolom komentar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.