Ganjar Klaim Zona Merah Covid-19 di Jateng Tinggal Tiga, Mana Saja…

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengklaim zona merah Covid-19 di daerahnya tinggal tersisa tiga wilayah, yakni Kota Semarang, Demak, dan Magelang.

Ganjar Klaim Zona Merah Covid-19 di Jateng Tinggal Tiga, Mana Saja… Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Antara-Wisnu Adhi)

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengklaim hanya tinggal tiga kabupaten/kota di wilayahnya yang masuk kategori zona merah persebaran Covid-19. Ketiga daerah itu yakni Kota Semarang, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Magelang.

Hal itu disampaikan Ganjar seusai mengikuti rapat percepatan penanganan Covid-19 di Gedung A lantai kedua Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Senin (15/6/2020).

“Dari laporan dan analisis semuanya, hari ini tinggal Kota Semarang, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Magelang yang masih zona merah. Sementara lainnya masuk zona kuning, bahkan Banyumas dan Wonosobo sudah cenderung hijau,” ujar Ganjar.

Sudah 8 Pasar di Semarang Ditutup Akibat Covid-19

Terhadap tiga daerah yang masih zona merah itu, Gubernur Jateng pun akan memberikan instruksi khusus. Instruksi diberikan kepada kepala daerah di tiga wilayah itu agar memperketat kegiatan masyarakatnya.

“Di tiga daerah itu saya minta berhati-hati betul. Tolong kegiatan semuanya diperketat lagi. Kalau ada kegiatan masyarakat yang berkerumun, tolong dilarang. Nanti saya akan kirim surat agar pembatasan lebih diperketat,” tegasnya.

Ganjar menerangkan, surat itu penting karena dirinya melihat masyarakat masih banyak yang tidak memperdulikan protokol kesehatan. Di Kota Semarang misalnya, dirinya masih melihat banyak orang berkerumun, tanpa jarak dan tidak memakai masker.

“Kemarin saya sepedaan di Kota Lama dan Simpanglima. Luar biasa banyak masyarakat, seperti ada event saja. Ini kan bahaya, makanya akan saya buat surat khusus agar kegiatan itu dibatasi bahkan diperketat,” terangnya.

Zona kuning

Untuk daerah lain yang sudah kuning, Ganjar juga meminta semuanya tetap berhati-hati. Sebab tidak menutup kemungkinan, persebaran virus corona akan kembali terjadi.

Rugi Selama Pandemi, 6 Hotel di Semarang Dijual

Sementara itu, Tim Ahli Gugus Tugas Covid-19 Jateng, Anung Sugihanto, mengatakan beberapa daerah di Jateng memang menunjukkan posisi landai. Beberapa sudah masuk zona hijau, sementara lainnya masuk zona kuning.

“Namun semua harus hati-hati, tidak perlu cepat-cepat mengambil kebijakan normal baru [new normal]. Sebab, tidak menutup kemungkinan potensi wabah Covid-19 kembali terjadi,” ujar Anung.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.