Ganjar Pranowo: Anak Bertato Masih Bisa Sekolah!

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyekolahkan anak jalanan asal Temanggung yang badannya bertato.

Ganjar Pranowo: Anak Bertato Masih Bisa Sekolah! Gubernur Jateng ganjar Pranowo mendampingi anak jalanan. (Instagram.com)

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan menyekolahkan anak jalanan asal Temanggung bernama Arvin. Hal itu terjadi saat ia mendengar curahan hati Arvin tentang dirinya yang sudah bertato namun ingin bersekolah lagi.

Ganjar Pranowo bertemu dengan remaja berusia 19 tahun tersebut di Wisma Perdamaian Kota Semarang, saat kunjungan perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Najat Maalla M’jid, Jumat (6/3/2020). Di saat itulah ia mendengar curhatan Arvin.

Wisma Perdamaian adalah gedung bekas rumah dinas gubernur milik pemerintah daerah (pemda). Ganjar Pranowo mengizinkan masyarakat Kota Semarang untuk menggunakan wisma tersebut.

2 Gadis Indigo Akui Taman Wonderia Semarang Tak Pernah Sepi

Gedung tersebut terletak di sekitar bundaran Tugu Muda. Tepatnya Jl. Imam Bonjol No. 209 Kota Semarang. Biasanya, kegiatan-kegiatan bertema musik, kesenian dan kebudayaan, pendidikan bisa dilakukan di sana.

Ditemani oleh Ganjar, Maalla M’jid dalam kunjungannya berdiskusi dengan anak-anak tentang pem-bully-an yang sedang marak terjadi. Mereka menjelaskan bagaimana cara menyikapi bullying.

Momen tersebut pun diunggah Ganjar Pranowo di Instagram pribadinya @ganjar_pranowo, Minggu (8/3/2020). Ia mengunggah sebuah video saat dirinya berbincang-bincang dengan Arvin, si anak jalanan.

Cerita di Balik Rumah Akar Kota Lama yang Instagramable

Dalam caption-nya, ia menulis curhatan Arvin tentang dirinya yang bingung kenapa disebut anak jalanan. “Padahal kami sedang berkarya, Pak,” tambahnya dalam kolom caption.

Tak lupa Ganjar juga menandai akun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng @pdkjateng, Dinas Sosial Jateng @Dinsos Jateng. Akun The United Nations Children’s Fund (UNICEF) @unicef dan @unicefindonesia juga ikut ditandai oleh sang gubernur.

Bisa Sekolah Lagi

Dalam video yang diunggahnya, terlihat Ganjar mengobrol dengan anak Temanggung itu. “Pengin sekolah lagi lo dia. Kira-kira bisa atau tidak?” tanya Ganjar.

Cari Destinasi yang Instagramable? Ke Dusun Semilir Saja!

“Apakah orang bertato seperti saya ini masih bisa sekolah, Pak?” tanya Arvin kepada orang nomor satu di Jateng tersebut.

Tanpa berpikir dua kali, Ganjar langsung menjawab dengan spontan jika Arvin masih bisa bersekolah lagi. Hal tersebut langsung mengundang tepuk tangan dan sorak sorai riuh dari penonton.

“Tapi, kamu mau sekolah lagi enggak? Serius lo ini,” tawarnya yang langsung dijawab anggukan antusias oleh Arvin.

Warganet Keluhkan Layanan Buruk BRT Trans Semarang

Keinginan Arvin untuk bersekolah kembali akhirnya diwujudkan Ganjar. “Nanti yang biayai gubernur. Kamu sampai kelas berapa berhenti sekolahnya. Itu diteruskan, nanti kamu lanjutkan ke sekolah kesenian, kalau kamu ingin jadi musisi,” imbuhnya.

Ganjar juga dengan senang hati mempersilahkan asal Temanggung itu unjuk kebolehan. Sambil menikmati lagu, Ganjar memegangi mikrofon saat Arvin bermain gitar dengan menyanyikan lagu milik Romi and The Jahats Film Murahan.

Kewajiban Pemerintah

Bukan hanya itu, dalam video tampak perwakilan UNICEF wilayah Jateng Ari Rukmantara mengungkapkan kewajiban pemerintah untuk memberikan akses bersekolah.  “Kewajiban seluruh pemerintah di seluruh dunia memastikan akses bersekolah tersedia untuk semua anak,” ucapnya seperti yang terpantau Semarangpos.com.

Ari juga menambahkan jika kewajiban negara tersebut menjadi pihak yang menangani konvensi anak. Tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia.  Di akhir video, Arvin si anak jalanan juga bercerita alasan dirinya yang ingin bersekolah kembali. “Ya pengin berubah menjadi yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jateng yang membantunya bersekolah kembali. “Terima kasih Pak Ganjar, tidak menyangka saya bisa sekolah lagi,” paparnya.

Semburan Lumpur Grobogan Dikhawatirkan Separah Lapindo Sidoarjo

Respons positif langsung diberikan warganet setelah Ganjar Pranowo mengunggah video tersebut. Mereka memberikan pujian kepada gubernur Jateng tersebut lantaran tidak membeda-bedakan warganya.

Seperti pemilik akun @prayogo_37, “Bagus Pak, memberi motivasi kepada anak-anak jalanan untuk sekolah.”

“Keren Pak. Semoga mereka menghargai itu dan benar-benar serius belajarnya. Better Future,” tulis pemilik akun @andigamedev. (Dhina Cantya/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.