Harga Gula Pasir di Kudus Melejit Hingga Rp17.000/Kg

Harga gula pasir di Kudus terus merangkak dari semula Rp12.500/kg hingga kini menjadi Rp17.000/kg sebagaimana diakui pedagang.

Harga Gula Pasir di Kudus Melejit Hingga Rp17.000/Kg Pedagang mengemas gula pasir di Pasar Bitingan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Semarangpos.com, KUDUS — Harga jual gula pasir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terus merangkak naik setelah sebelumnya dijual dengan harga Rp14.500/kg dari harga sebelumnya, Rp12.500/kg. Kini, harga gula pasir di Kudus kembali naik menjadi Rp17.000/kg.

“Kenaikan harga jual gula pasir menjadi Rp17.000/kg untuk tingkat pengecer mulai Kamis [5/3/2020],” kata salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Bitingan Kudus Tutik Asiani di Kudus, Jawa Tengah, Jumat (6/3/2020).

Sumur Bor Semburkan Lumpur di Grobogan Ditutup, Gas Rawa Alasannya…

Ia mencatat harga gula pasir eceran Rp12.500/kg hanya bertahan hingga awal 2020 setelah sebelumnya ditetapkan harga jual eceran tertinggi oleh pemerintah. Kemudian, lanjut dia, harganya terus merangkak naik secara bertahap, dan sebelum naik menjadi Rp17.000/kg sempat naik menjadi Rp16.000/kg.

Akibat kenaikan tersebut, dia mengaku, tidak berani memperbanyak stok karena khawatir turun. Terlebih lagi, permintaan konsumen juga mulai berkurang karena dianggap mahal. Wati, pedagang di Pasar Kliwon mengakui tidak memiliki stok gula pasir karena harganya cenderung naik.

“Setelah stok gula pasir habis dengan harga jual terakhir sebesar Rp16.000/kg, saya belum berniat kulakan lagi karena khawatir turun sehingga bisa merugi,” ujarnya.

Warganet Keluhkan Layanan Buruk BRT Trans Semarang

Permintaan konsumen, kata dia, juga kurang lancar sehingga lebih baik menunggu kondisi harga jual gula di pasaran kembali stabil. Informasi terbaru, kata dia, stok gula memang tersedia, namun harga jual ecerannya naik menjadi Rp17.000/kg.

Jika stok gula pasir di pasaran masih tersedia, maka di toko modern stok cenderung terbatas. Sebagaimana terjadi di Swalayan Ada Kudus yang biasanya menyediakan stok gula dalam jumlah banyak, ternyata sudah kosong.

Begitu barang tersedia, langsung diserbu konsumen lantaran harga yang dijual juga lebih murah daripada pasaran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.