Gelar Donor Darah di Tengah Pandemi, Semen Gresik Sumbang Ratusan Kantong Darah untuk 3 Kabupaten

Semen Gresik menyumbang ratusan kantong darah untuk tiga kabupaten dengan menggelar donor darah.

Gelar Donor Darah di Tengah Pandemi, Semen Gresik Sumbang Ratusan Kantong Darah untuk 3 Kabupaten Petugas Kesehatan dari PMI Rembang mengecek kondisi calon pendonor sebelum dinyatakan memenuhi persyaratan, Selasa (23/2/2021). (Istimewa)

Semarangpos.com, REMBANG – Semen Gresik kembali memperkuat konsistensinya sebagai perusahaan dengan kepedulian sosial yang tinggi. Bersama PMI Kabupaten Rembang, Semen Gresik melaksanakan donor darah di gedung Batu Kapur, PT Semen Gresik, Selasa (23/2/2020).

Kegiatan donor darah rutin ini berhasil mengumpulkan lebih dari 108 kantong darah untuk membantu ketersediaan stok darah di Kabupaten Rembang, Blora, hingga Pati.

Bersama PMI Kabupaten Rembang, SG secara konsisten mengadakan kegiatan donor darah setiap tiga bulan sekali sejak 2017 dan terhitung sepanjang 2020 lalu telah menyuplai sekitar 625 kantong darah.

Baca Juga: Semen Gresik Luncurkan Program FMM 2021, Salurkan Rp1,5 Miliar untuk Desa

Kepala Unit Komunikasi dan CSR, Dharma Sunyata mengatakan kegiatan donor darah ini menjadi wujud upaya SG dalam memperkuat rasa kepedulian sosial.

Dharma Sunyata melanjutkan, bahwa Semen Gresik secara konsisten siap menjadi penyuplai kebutuhan stok darah untuk masyarakat Kabupaten Rembang dengan donor darah, khususnya di masa pandemi ini saat kebutuhan darah semakin meningkat.

“Kami melaksanakan donor darah dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Para calon pendonor sebelumnya dapat mengisi jadwal yang diinginkan melalui form online yang telah disediakan. Formulir digital tadi kemudian dapat dicetak secara mandiri dan kemudian bisa dibawa ke lokasi donor tanpa harus antre. Kami sangat concern dalam menghindari adanya interaksi yang terlalu dekat dan menimbulkan kerumunan,” kata Dharma Sunyata.

Baca Juga: Skor Indeks Pencapaian RML Semen Gresik Lampaui Target

Sejalan dengan itu, Ketua panitia pelaksana kegiatan donor darah tahun 2021, Made Mariyasa Robed, menjelaskan bahwa adanya penyesuaian teknis terkait kegiatan ini di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Robed menyampaikan bahwa bagi tenaga kesehatan dari PMI Kabupaten Rembang wajib menyertakan surat telah divaksin sebelum masuk ke lingkungan pabrik. Dan bagi para calon donor darah wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta melakukan cek suhu tubuh melalui para petugas.

Konsistensi SG dalam mengadakan kegiatan sosial donor darah ini mendapat apresiasi dari PMI Kabupaten Rembang. Ervin Nurcahyanti, Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kabupaten Rembang menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada SG yang telah rutin dan secara serius menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan donor darah berlangsung.

“Kami dari PMI Kab. Rembang mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya yang terjalin rutin tiga bulan sekali untuk kegiatan donor darah, karena dengan stok darah yang kita terima dari SG yang
rata-rata lebih 100 kantong setiap kegiatan, sangat membantu sekali dalam stok kebutuhan darah kami,” pungkas Ervin.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.