Gereja Siapkan Satgas Covid-19, Agar Ibadat Natal 2021 Nyaman

Perayaan Natal 2021 ini masih dalam masa pandemi, untuk itu pihak gereja berupaya mencegah penularan virus corona dengan membentuk satgas Covid-19.

Gereja Siapkan Satgas Covid-19, Agar Ibadat Natal 2021 Nyaman Pengurus Gereja Kristen Jawa, Purwodadi berbincang dengan Bupati bersama jajaran forkompimda, Jumat (24/12/2021). (Semarangpos.com/Arif Fajar S)

Semarangpos.com, PURWODADI — Perayaan Natal 2021 ini masih dalam masa pandemi, untuk itu upaya pencegahan penularan virus corona harus dilakukan, seperti di Gereja Kristen Jawa, Purwodadi, Grobogan yang membentuk Satgas Covid-19 untuk mengecek kondisi jemaatnya.

“Karena masih pandemi, agar jemaat tetap aman dan nyaman, kami pengurus Gereja Kristen Jawa, Purwodadi membentuk Satgas Covid-19. Kami menggandeng tim medis dari RS Panti Rahayu Yakkum Purwodadi untuk pengecekan kondisi jemaat yang akan melakukan peribadatan Natal,” jelas Pengurus Gereja Kristen Jawa Purwodadi, Widyo Rumekso, Jumat (24/12/2021).

Tidak hanya Satgas Covid-19, pihak pengurus GKJ Purwodadi juga mengatur pintu masuk kedatangan jemaat yang hendak melakukan peribadatan. Jika biasanya ada beberapa akses masuk, lanjutnya, karena masih pandemi hanya ada satu pintu masuk ke dalam GKJ, yakni dari sisi timur.

Baca juga: Kapolda Jateng: Tak Ada Izin Keramaian Tahun Baru

“Jadi hanya satu saja akses masuk ke gereja bagi jemaat yang akan mengikuti peribadatan Natal. Di pintu masuk ada petugas yang mengecek suhu dan menyemprotkan hand sanitizer, sebagai upaya pencegahan Covid-19,” ujar Widyo.

Selain itu, untuk peribadatan Natal 2021 ini pengurus GKJ juga mengatur tempat duduk jemaat. Seperti saat ditinjau Bupati Grobogan, Sri Sumarni, Kapolres Grobogan, AKBP Benny Setyowadi, Dandim 0717/Grobogan dan kepala OPD. Terlihat tempat duduk jemaat sudah diberi tanda, bahkan sudah di beri nomor.

Hal ini, tambah Widyo, mengingat untuk peribadatan Natal di tengah pandemi jumlah jemaat yang ikut ibadat dibatasi. Untuk itu disiasati peribadatan Natal dilakukan dalam enam sesi. Dengan kapasitas 120 orang setiap peribadatan dari kapasitas sebelum pandemi 350 jemaat.

Baca juga: Gua Maria Ambarawa Miliki Patung Bunda Maria Tertinggi Se-Asia

Peribadatan Natal 2021

“Para jemaat juga jauh-jauh hari sudah mendaftar ke pengurus GJK Purwodadi. Termasuk juga ketika ada saudara dari luar kota yang hendak ikut peribadatan. Saudara yang di Purwodadi menyampaikan ke pengurus. Hal ini terkait kapasitas, justru dengan keterbatasan kami tetap bersyukur,” ujar Widyo.

Kemudian untuk mereka yang tidak bisa hadir karena kondisi tertentu, bisa mengikuti peribadatan secara virtual. Gereja sudah menyiapkan link untuk peribadatan Natal 2021 secara online dan sudah disampaikan ke jemaat.

Buapti Grobogan dan Kapolres berpesan agar penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan selama perayaan dan peribadatan Natal. Sehingga jemaat tetap aman dan nyaman, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi.

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.