Gubernur Jateng Kini Larang Kapal Pesiar Singgahi Semarang

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendadak menolak kapal pesiar seperti MV Colombus menumpahkan turis asing di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Gubernur Jateng Kini Larang Kapal Pesiar Singgahi Semarang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan keterangan kepada awak media terkait antisipasi penyebaran virus corona jenis baru (covid-19). (Antara-Wisnu Adhi)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah melalui Gubernur Jateng kini menolak kapal pesiar menumpahkan tiuris asing di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Padahal sebelumnya, MV Colombus sudah leluasa menumpahkan turis asing termasuk terduga pembawa virus corona (covid-19).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sabtu (14/3/2020) malam, menyatakan melarang kapal-kapal pesiar bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, selama beberapa waktu. Langkah itu, katanya, demi mengantisipasi meluasnya penyebaran virus corona jenis baru (covid-19).

“Tadi ada pertanyaan di forum, bagaimana kapal-kapal pesiar yang berikutnya karena masih ada 24 kapal pesiar lagi, maka saya bilang tidak. Saya tidak akan mengizinkan untuk ke sini, biar mereka bisa berbalik untuk bisa kembali ke tujuan asal,” tegas Ganjar seperti dipublikasikan Kantor Berita Antara, Minggu (15/3/2020).

Alumni Unnes Menggugat Kirim Karangan Bunga demi Kritik Rektor Fathur Rokhman

Hal itu ia kemukakan seusai menggelar rapat terbatas bersama forkopimda dan seluruh organisasi perangkat daerah lingkungan Pemprov Jateng di Semarang. Ganjar mengaku dimarahi banyak orang terkait dengan bersandarnya Kapal Pesiar MV Columbus di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (13/3/2020).

Diklaim Sesuai SOP

Kapal pesiar berbendera Bahama yang mengangkut 1.044 orang wisatawan mancanegara beserta kru itu diizinkan bersandar dan menurunkan penumpang. Menurut Ganjar, pemberian izin bersandar kapal pesiar MV Colombus itu dilakukan melalui prosedur yang ketat sesuai prosedur operasi standar sejumlah pihak terkait.

Tak Harus Wisata ke AS, Semarang Juga Punya Tebing Aesthetic

“[Pemberian izin kapal pesiar MV Colombus bersandar] itu sudah kami lakukan dengan prosedur yang sangat ketat sesuai SOP. Mulai dari KKP, Bea Cukai, dan otoritas pelabuhan, semuanya bersih. Kejadian itu juga sebelum dinyatakan kondisi yang cukup gawat seperti ini,” tukasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jateng, ada 26 kapal pesiar yang akan singgah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang selama 2020 dengan target jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung atau singgah di provinsi ini mencapai 877.000 orang.

Seperti diwartakan, kapal pesiar MV Colombus—yang secara konsisten diwartakan Antara sebagai Columbus—diizinkan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Selanjutnya seribuan wisatawan mancanegara dibiarkan mendatangi Candi Borobudur, Ambarawa, selain seputaran Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.