Ini Bukti Populernya Kopi asal Jateng di Prancis…

Jateng bakal buka warung kopi di Paris guna mendongkrak kunjungan wisatawan asal Prancis.

Ini Bukti Populernya Kopi asal Jateng di Prancis… Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha Christiawan Nasir (kiri), saat berbincang dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Puri Gedeh, Kota Semarang, Minggu (9/2/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha Christiawan Nasir, menawari Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, untuk membuka kedai kopi di Paris.

Penawaran itu disampaikan Nasir saat berjumpa dengan Ganjar di rumah dinas Gubernur Jateng, Puri Gedeh, Kota Semarang, Minggu (9/2/2020).

Nasir menyebut selama ini kopi asal Jateng cukup terkenal di Paris dan mendapat animo yang cukup tinggi dari warga Kota Mode itu.

“Produk Kopi asal Jateng selalu diminati warga Prancis di sana. Untuk itu saya menawarkan agar Jateng buka warung kopi di Paris, potensinya bisa ditangkap,” ujar Nasir.

Selain kopi, nama Jateng juga terkenal di Prancis karena destinasi wisata unggulannya, Candi Borobudur. Menurut Nasir, selain Bali, warga Prancis juga banyak yang berkunjung ke Indonesia hanya untuk berlibur ke Candi Borobudur.

“Borobudur menjadi salah satu destinasi paling terkenal di Prancis. Sekarang orang Prancis tidak hanya tahu Bali, tapi juga Candi Borobudur. Sudah banyak yang berwisata ke candi itu,” tuturnya.

Potensi wisatawan Prancis ke Jateng memang sangat besar. Data Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, dari total 677.000 turis asing yang berkunjung ke Jateng pada 2019, paling banyak justru berasal dari Prancis dengan kontribusi mencapai 16%. Kemudian disusul Belanda dengan 11% dan Malaysia dengan 10%.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo langsung menanggapi serius tawaran dari Dubes Indonesia untuk Prancis itu. Ia pun langsung meminta jajarannya melihat potensi itu agar bisa segera dilaksanakan.

“Sebenarnya sudah banyak produk asal Jateng yang laku di Prancis. Namun tadi diceritakan bagaimana terkenalnya kopi Jateng, saya tertarik membuka warung kopi di sana. Memang harus membuat sesuatu yang konkret,” uhar Ganjar.

Selain itu, beberapa potensi lain seperti fashion, industri games dan lainnya juga memiliki peluang di Prancis. Ke depan, Ganjar akan melakukan penjajakan potensi mana saja yang bisa dieksekusi secepatnya.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.