Inilah Do It Yourself Masker ala Gubernur Jateng

Kelangkaan di tengah mewabahnya virus corona pemicu Covid-19 membuat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membuat sendiri masker kain.

Inilah Do It Yourself Masker ala Gubernur Jateng Tangkapan layar vlog Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama sang istri, Siti Atiqoh, saat membuat masker kain. (Youtube--Ganjar Pranowo)

Semarangpos.com, SEMARANG — Kelangkaan masker di tengah mewabahnya virus corona pemicu Covid-19 membuat sebagian orang berkreasi sendiri. Begitu juga dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang mempraktikkan do it yourself atau DIY masker dari kain.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu mengunggah cara membuat masker kain di channel Youtube miliknya dengan nama Ganjar Pranowo. Yang lebih menarik, ia memberi contoh langsung bagaimana cara membuat masker sendiri.

Dalam vlog-nya yang berjudul Do It Yourself: Masker Kain Anticorona, ia tidak membuat masker tersebut sendirian. Ganjar ditemani sang istri, Siti Atiqoh.

Suara Wanita Terekam Vlog Billy Christian Edisi Gedung Bekas Kantor Semarang

Walau mereka berdua shooting bersama, Ganjar dan istri tetap melakukan protokol kesehatan, yaitu memakai masker dan menjaga jarak alias phisycal distancing.

“Bikin masker kain itu mudah lo. Bahannya juga mudah didapat. Kamu bisa manfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarmu, jadi gak perlu beli,” tulisnya dalam kolom deskripsi.

Bisa Dicuci

Poin tambahan dari masker yang ia buat adalah bisa dicuci setelah dipakai karena berbahan dasar kain. “Jadi lebih ekonomis daripada masker yang sekali pakai,” paparya dalam kolom deskripsi.

2 Gadis Indigo Lihat Sosok Bergelantungan di Gedung Bekas Kantor Semarang

“Nah, hari ini, saya dan istri bikin video tutorial cara bikin masker mudah dan sederhana. Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya untuk bikin masker sendiri,” tambahnya seperti yang terpantau Semarangpos.com, Kamis (16/4/2020).

Tak lupa, ia juga memberitahu kepada para penontonnya bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat masker DIY tersebut. Tentu saja yang pasti harus disediakan, menurut Ganjar, adalah kain dan tali guling.

Yang menjadi lucu, di dalam video terlihat Ganjar hanya bertugas menyebutkan langkah-langkah membuat masker kain. Sedangkan sang istri sibuk memotong kain.

Yuk Intip Kampung Pelangi Semarang Nan Instagramable

Dengan telaten Atik—sapaan akrab Siti Atikoh—melipat-lipat kain dan sesekali menusuknya dengan jarum. Setelah kain tersebut dilipat rempel seperti rok sekolah dasar, langkah selanjutnya adalah menjahit bagian kiri dan kanan kain.

Percaya Diri Menjahit

Saat bagian menjahit, Ganjar dengan semangat mengambil alih pekerjaan sang istri. “Sekarang tugas menjahit itu saya, bisa saya itu,” ucapnya percaya diri.

Sesekali ia terlihat menyipitkan mata saat menjahit. “Inilah kalau kacamata tidak dipakai dan karena kita agak tua,” celetuknya sambil terus menjahit.

Covid-19 Bikin PR Sukun Salurkan Ribuan APD

“Tidak ada yang sulit, enggak punya mesin jahit bukan persoalan. Kamu bisa bikin yang banyak di rumah, eh tapi ini terus dijahit sisi kiri dan kanan ya sampai ujung,” ujarnya.

Ganjar juga terlihat telaten saat menjahit tali guling yang berfungsi mengaitkan masker dengan telinga. “Ini nanti kayaknya saya kalau pensiun bisa jadi tukang jahit,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan jika masker DIY yang ia buat dengan sang istri bisa diselipkan tisu. Tak lupa, Ganjar langsung memakai masker buatannya itu dan memberi pesan kepada para penonton untuk selalu melakukan protokol kesehatan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.