Jadi Korban Penipuan, Perempuan Solo Ini kehilangan Rp60 Juta dan 2 Motor

Nahas perempuan paruh baya asal Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, jadi korban penipuan. Uang tabungannya Rp60 juta dikuras penipu.

Jadi Korban Penipuan, Perempuan Solo Ini kehilangan Rp60 Juta dan 2 Motor Kapolsek Pasar Kliwon AKP Tegar Satrio Wicaksono (dua dari kiri) saat mengintrogasi tersangka penipu dan penggelapan sepeda motor milik wanita asal Semanggi Pasar Kliwon, di Mapolsek Pasar Kliwon, Solo, Jumat (5/6/2020). (Semarangpos.com-Ichsan Kholif Rahman)

Semarangpos.com, SOLO – Nahas perempuan paruh baya asal Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, jadi korban penipuan. Uang tabungannya Rp60 juta habis dikuras penipu. Saat ini marak aksi penipuan, apalagi lewat media sosial.

Kapolsek Pasar Kliwon AKP Tegar Satrio Wicaksono mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya pada seseorang yang baru dikenal. Khususnya melalui media sosial karena bisa berujung penipuan. Terakhir perempuan paruh baya asal Semanggi, Solo, jadi korban penipuan.

Imbauan ini disampaikan menyusul kasus penipuan dan penggelapan uang senilai Rp60 juta dan dua unit sepeda motor dengan tersangka Pardiyanto alias Teguh, 39, warga Bekonang, Mojolaban.

Kancil Si Juru Adhil Nengahi Prekarane Macan Lan Gajah

Aksi penipuan itu menimpa perempuan paruh baya berinisial RR, 45, warga Semanggi, Pasar Kliwon, Solo.

“Jangan mudah percaya kalau baru kenal apalagi lewat media sosial sampai menyerahkan data-data pribadi. Selalu waspada dengan berbagai modus kejahatan,” papar Kapolsek Pasar Kliwon AKP Tegar Satrio Wicaksono kepada Semarangpos.com, Minggu (7/6/2020) mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol. Andy Rifai.

Sebelumnya, Pardiyanto alias Teguh, 39, warga Mojosari, Bekonang, Sukoharjo, ditangkap Unit Reskrim Polsek Pasar Kliwon pada Kamis (4/6/2020) siang.

Pardiyanto menipu uang senilai Rp60juta dan melarikan dua sepeda motor milik perempuan paruh baya asal Semanggi itu.

Dampak Pandemi, Realisasi Pajak Salatiga Tak Capai Target

Di hadapan polisi, tersangka mengaku nekat menipu wanita itu dikarenakan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu untuk membayar utang kepada rekan-rekannya.

Tersangka mengaku bekerja wiraswasta di Bekonang, Sukoharjo.

Sementara itu, Kapolsek Pasar Kliwon AKP Tegar Satrio Wicaksono, saat dijumpai wartawan di Mapolsek Pasar Kliwon Jumat (5/6/2020) mengatakan kasus itu terungkap ketika korban menyadari bahwa isi ATM-nya telah habis dikuras tersangka.

Cari Pakan Burung, Warga Semarang Alami Kecelakaan Tercebur ke Sumur

Menurut dia, tersangka sedang terlilit utang sehingga nekat menipu. Ia menambahkan karena kedekatan tersangka dengan korban, tersangka menyampaikan akan mengganti uang itu.

Tak Kembalikan Uang

Namun, tersangka tidak ada niatan untuk mengembalikan uang itu. Begitu pula dengan dua sepeda motor yang ia larikan dari perempuan paruh baya asal Semanggi itu.

“Tersangka ini juga memiliki hobi berjudi, uang hasil penipuan itu juga digunakan berjudi. Tahun 2010 tersangka juga pernah di penjara,” papar dia.

Polisi Sukoharjo Temukan 3 Kejanggalan, Laporan Palsu Kasus Pembegalan Terbongkar

Ia menambahkan setiap berjudi korban menghabiskan uang lebih dari Rp2 juta. “ATM milik korban setelah dibawa oleh tersangka pelan-pelan dikuras. Beberapa hari sekali tersangka mengambil uang lewat mesin ATM,” tutur Kapolsek.

“Kadang sehari pelaku mengambil uang Rp1juta sebanyak empat kali. Tetapi, korban tidak menyadari jika uangnya terus diambil oleh tersangka. Ini dimulai pada bulan Maret hingga Mei,” ujarnya.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.