Jateng Bertekad Ubah Virus Corona Jadi Berkah…

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggelar rapat koordinasi untuk mengubah serangan internasional virus corona atau Covid-19 jadi berkah.

Jateng Bertekad Ubah Virus Corona Jadi Berkah… Ganjar Pranowo di Rapat Koordinasi Dampak Negatif Virus Corona. (Semarangpos.com-Istimewa)

Semarangpos.com, SEMARANG — Serangan internasional virus corona atau Covid-19 membuat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggelar rapat koordinasi di Semarang, Jumat (28/2/2020) lalu.

Rapat itu ditujukan untuk mengantisipasi dampak negatif virus corona. Tak cuma itu, Ganjar dalam rapat tersebut mengungkapkan optimismenya bisa mengubah musibah virus corona itu menjadi berkah.

Ia bermaksud memanfaatkan kekuatan dalam negeri untuk melawan virus tersebut.

Ini Alasan Angkernya Wonderia Semarang Menurut Anak Indigo

“Jadi dari musibah [virus corona] kami jadikan barokah. Dengan cara apa? Kekuatan dalam negeri, kalau perlu perguruan tinggi, lembaga riset kami libatkan,” jelas Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulisnya di situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng), jatengprov.go.id, Jumat.

Imbas merebaknya virus corona berakibat perekonomian di berbagai daerah lesu. Tetapi, hal tersebut tidak membuat Ganjar Pranowo pesimis. Ia justru yakin Jateng bisa bertahan dengan kondisi yang seperti ini.

Pasok Kapas China

Salah satu dampak virus corona ini dirasakan pengusaha tekstil yang mengandalkan kapas dari China. Efek serangan virus corona, pasokan kapas dari China sangat sulit.

Hal serupa juga dialami oleh pengusaha mebel yang saat ini mengandalkan sekrup dari China. Hal ini membuat suami dari Siti Atikoh itu memutar otak mencari solusi agar pengusaha di Jateng masih bisa berproduksi dengan lancar.

“Kami akan coba carikan, bahkan saya tadi tawarkan, engselnya kayak apa to. Jangan-jangan ini bisa kami lakukan. Kami cari bahan bakunya secara nasional kemudian kami minta saja pakai itu. SMK [Sekolah Menengah Kejuruan], workshop, perusahaan, gawekno sing ngene iki, tunggoni [buatkan yang seperti ini, ditunggu],” lanjut Ganjar.

Guru Besar Unnes Minta Mendikbud Turun Tangan Atasi Polemik Kampus

Selain mengandalkan bahan baku dalam negeri, Ganjar Pranowo mendorong pengusaha untuk mencari bahan baku dari negara lain selain China, salah satunya dari Jepang.

Ganjar Pranowo bercerita bahwa Jepang adalah salah satu negara tertinggi kedua target ekspor barang dari Jateng. Negara matahari terbit ini berpotensi untuk menggantikan China.

“Jepang ini menjadi suatu yang menarik. Barusan saya ditelepon oleh wakil ketua dewan, saya diminta bicara dengan Kadin Jepang untuk pertemuan dengan duta besar Jepang yang ada di Indonesia. Saya diminta untuk memaparkan Jawa Tengah,” tandasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.