Tutup Iklan

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Semarang Tembus Rp140.000 per Kg

Menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H atau Lebaran 2021, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kota Semarang mengalami kenaikan.

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Semarang Tembus Rp140.000 per Kg Seorang pedagang daging sapi di Pasar Johar, Kota Semarang tengah melayani permintaan pembeli menjelang Lebaran, Selasa (11/5/2021). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah atau Lebaran 2021, harga daging sapi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) terus merangkak naik.

Pantauan Semarangpos.com di Pasar Johar Semarang, Selasa (11/5/2021), harga daging sapi tembus di angka Rp140.000 per kg. Harga ini naik sekitar Rp20.000 per kg dari biasanya.

Seorang pedagang daging sapi di Pasar Johar, Yanti, mengaku kenaikan harga itu terjadi sejak Minggu (9/5/2021). Kenaikan, menurutnya dipengaruhi stok daging sapi yang mulai susah menjelang Lebaran.

Baca juga: Sidak Pasar, Satpol PP Salatiga Temukan Daging Gelonggongan

“Harga naik itu kurang lebih Rp20.000 per kg. Biasanya jual Rp120.000 per kg. Pas naik seperti ini jadi susah jualnya. Apalagi stoknya juga susah karena banyak penyalur yang cari tambahan menjelang Lebaran,” ujar Yanti saat dijumpai wartawan di lapak dagangannya, Selasa.

Yanti pun berharap harga daging sapi kembali normal seperti sedia kala. Ia tidak mau merugi saat nanti harga tiba-tiba turun.

“Repotnya nanti ketika harga tiba-tiba turun, pedagang jadi rugi. Terlebih pedagang kecil seperti kami yang keuntungannya sedikit,” imbuhnya.

Sementara itu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Jateng mengklaim ketersediaan daging sapi di Jateng masih aman untuk menghadapi Lebaran.

Kepala Disnakkeswan Jateng, Lalu Syafrudin, mengatakan saat ini ketersediaan daging sapi di Jateng mencapai 29.000 ton, atau mengalami surplus sekitar 10.000 ton.

Baca juga: Mengulik Sejarah Pasar Johar Semarang

“Untuk Hari Raya Idulfitri, produk daging sapi, telur, dan ayam stoknya cukup. Kebutuhan daging sapi untuk bulan Mei ini diperkirakan 16.000 ton. Sedangkan ketersediaannya mencapai 29.000 ton,” ujar Lalu.

Lalu juga memastikan jika daging sapi yang dijual di pasaran di Jateng aman dikonsumsi. Sebelum masuk ke rumah pemotongan hewan (RPH), hewan ternak yang akan dipotong sudah melewati serangkaian pemeriksaan kesehatan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.