Jelang MotoGP Mandalika, Telkom Intensif Pantau Kesiapan Infrastruktur Telekomunikasi

Apa yang telah dilakukan Telkom tidak hanya sekadar mendukung dalam layanan telekomunikasi saat MotoGP Mandalika, tetapi juga dapat mendukung kemajuan NTB.

Jelang MotoGP Mandalika, Telkom Intensif Pantau Kesiapan Infrastruktur Telekomunikasi Executive General Manager Divisi Service Operation Telkom Akhmad Ludfy(ke empat dari kiri) bersama Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom yang sekaligus sebagai Ketua Satgas TelkomGroup MotoGP Mandalika 2022 Teuku Muda Nanta (ketiga dari kanan) usai penandatanganan serah terima hasil rehearsal test seluruh jaringan maupun layanan TelkomGroup untuk mendukung kompetisi dunia MotoGP Mandalika.di Lombok, pekan lalu. (Istimewa)

Semarangpos.com, JAKARTA — Ajang kelas utama kompetisi dunia MotoGP Mandalika tinggal menghitung hari. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara intensif melakukan peninjauan kualitas layanan dan jaringan infrastruktur yang tergelar di venue Mandalika Circuit.

Guna menjamin keandalan layanan dan jaringan, Telkom melakukan rangkaian rehearsal test atau uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pekan lalu.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan kunjungan Komisaris Telkom Indonesia Arya Mahendra Sinulingga, dilanjutkan dengan uji simulasi yang dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara, serta Direktur ITDC Utilitas Hari Wibisono.

Baca Juga: Manfaatkan GIS, Telkom Inisiasi Hutan Binaan Berbasis Digital

Selain jaringan, pada rehearsal test pun dilakukan uji coba seluruh layanan Telkom Group yang tersedia di event tersebut. Simulasi dilakukan kepada beberapa titik kritis di antaranya terhadap jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi.

Selain itu, mengingat keragaman layanan yang ada meliputi layanan Telkomsel, data, dan Internet, hingga WiFi, rehearsal test juga dilaksanakan terhadap jaringan akses atau last-mile yang secara spesifik dilakukan di lokasi pit building, sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan team official MotoGP.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah yang menyaksikan rangkaian rehearsal test mengapresiasi simulasi yang berjalan tanpa kendala berarti. Sementara itu dari sisi infrastruktur, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan timnya telah banyak mencatat lesson learnt dari event World Superbike (WSBK), beberapa waktu silam. Kala itu, Telkom pun turut berperan dalam penyediaan layanan telekomunikasi.

Baca Juga: Didukung Telkom, Mitratel Genjot Fiberisasi BTS Operator Telekomunikasi

“Telkom Group telah memiliki lesson learnt pada event WSBK beberapa waktu silam. Telah kita lakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwidth layanan sehingga saat ini kami siap untuk penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Kami menjamin apa yang disampaikan Telkom melalui konektivitas dan service ICT akan memiliki performa yang maksimum. Juga tidak lupa kita panjatkan doa kepada Allah SWT agar kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengawal ini semua dengan baik, dan apa yang kita harapkan berjalan dengan lancar pada saat event berlangsung,” ujar Herlan.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara berharap apa yang telah dilakukan Telkom tidak hanya sekadar mendukung dalam layanan telekomunikasi, tetapi juga dapat mendukung kemajuan wilayah Nusa Tenggara Barat.

“Kami Telkom Group akan secara maksimal mendukung dan menyukseskan event internasional ini. Kami akan berupaya menyediakan berbagai sarana dan fasilitas telekomunikasi yang ada di area Mandalika. Mudah-mudahan, apa yang telah kami siapkan ini dapat dengan sempurna mendukung kesuksesan event MotoGP kali ini. Lebih dari itu, kami harap seluruh dukungan ini juga dapat berperan untuk memajukan wilayah Nusa Tenggara Barat ke depannya,” ujar Edi.

Layanan 5G dari Telkomsel

Untuk penyelenggaraan MotoGP Mandalika, Telkom Group menyediakan 1.908 BTS untuk layanan Telkomsel yang juga meng-cover jaringan 5G, layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920Mbps serta layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6Gbps yang tersebar untuk 6 area di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area tribune untuk spectator.

Sebagai fungsi monitoring, Telkom Group menyiapkan sejumlah 4 Posko 24/7 yang berlokasi di Witel Mataram dan Mandalika untuk memonitor infrastruktur transport dan elemen network ICT services Telkom Group.

Baca Juga: Bersama Konsorsium SEA-ME-WE 6, Telkom Bangun Konstruksi Kabel Laut Internasional

Selain itu, ratusan personel pun disiapkan untuk pengamanan seluruh alat produksi agar selalu dalam keadaan baik. Posko tersebut dilengkapi dengan Mini Network Operation Center atau Mini NOC yang terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional.

Selain rehearsal test, Telkom Group juga melaksanakan Apel Kesiapan Kerja untuk seluruh personel yang bertugas mengamankan dan menyukseskan infrastruktur pada gelaran MotoGP di Mandalika Sirkuit. Partisipasi Telkom dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan helatan kelas dunia ini merupakan bentuk komitmen untuk selalu berperan dalam pengembangan destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

Diharapkan melalui layanan ICT yang andal, dapat menghadirkan kenyamanan berkomunikasi dan pengalaman terbaik bagi para wisatawan domestik maupun internasional. Sehingga para wisatawan tidak akan kehilangan momen berharga untuk dibagikan dan mengundang lebih banyak pengunjung yang nantinya akan meningkatkan pertumbuhan kawasan wisata Mandalika.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.