Juara Piala Eropa 2020, Italia Akhiri Penantian 53 Tahun

Timnas Italia sukses meraih gelar Piala Eropa 2020. Hal tersebut dipastikan usai Gli Azzurri mengalahkan Inggris 3-2 lewat adu penalti.

Juara Piala Eropa 2020, Italia Akhiri Penantian 53 Tahun Timnas Italia juara Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Inggris melalui adu penalti 3-2 di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB. (Reuters)

Semarangpos.com, LONDON-– Timnas Italia sukses meraih gelar Piala Eropa 2020. Hal tersebut dipastikan usai Gli Azzurri mengalahkan Inggris 3-2 lewat adu penalti.

Dikutip dari solopos.com melansir detikcom, final Piala Eropa yang mempertemukan Italia vs Inggris digelar di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Tim Tiga Singa mampu unggul cepat ketika laga baru berjalan dua menit.

Umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan menuju Luka Shaw yang tak terkawal di tiang jauh. Shaw mampu menyambar bola untuk memperdayai Gianluigi Donnarumma. Inggris unggul 1-0.

Baca juga: Akhirnya, Messi Bawa Argentina Juara Copa America 2021

Tertinggal, Italia tampil menekan memburu gol penyama kedudukan. Upaya mereka mencetak gol akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-67. Leonardo Bonucci membobol gawang Jordan Pickford memanfaatkan kemelut yang bermula dari sepak pojok.

Italia semakin dominan usai skor imbang 1-1. Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 62 persen dibanding 38 persen milik Inggris sepanjang 90 menit.

Namun, hingga waktu normal berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu. Papan skor juga tak berubah di 2×15 menit extra time. Juara Piala Eropa 2020 harus ditentukan lewat adu penalti.

Gagal Menjalankan Tugas

Pada babak tos-tosan, penendang pertama masing-masing tim yaitu Domenico Berardi dan Harry Kane sukses menjalankan tugasnya.

Andrea Belotti yang menjadi penendang kedua Italia gagal menjalankan tugasnya. Harry Maguire membawa Inggris memimpin 2-1 setelah bisa mengecoh Donnarumma.

Bonucci bisa menyetarakan angka menjadi 2-2 dengan bisa menaklukkan Pickford. Marcus Rashford yang jadi penendang ketiga Inggris sepakannya menerpa tiang.

Federico Bernardeschi membuat Italia berbalik memimpin 3-2 setelah bisa mencetak gol. Donnarumma kemudian bisa menyelamatkan tendangan penalti Jadon Sancho.

Baca juga: Resmi! Liga 1 dan Liga 2 Ditunda

Jorginho gagal menjalankan tugasnya sebagai penendang kelima Italia. Namun, Saka juga melakukan hal serupa. Italia juara usai menang 3-2 lewat adu penalti.

Ini merupakan gelar Piala Eropa pertama bagi Italia sejak 1968. Mereka mengakhiri penantian selama 53 tahun yang diwarnai dua kali kekalahan di laga final.

Sebelumnya, Italia gagal menjadi juara usai tumbang di final pada Piala Eropa 2000 dan 2012. Mereka kalah di final dari Prancis 1-2 di Euro 2000 dan tumbang 0-4 dari Spanyol di Euro 2012.

Sementara untuk Inggris, kekalahan atas Italia membuat mereka mengubur mimpi meraih trofi Piala Eropa perdana sepanjang sejarah. Inggris juga masih harus melanjutkan puasa gelar di turnamen besar yang telah berlangsung selama 55 tahun sejak menjuarai Piala Dunia 1966.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.