Kabar Duka, Dalang Kondang Ki Manteb Soedharsono Meninggal Dunia

Kabar duka kali ini datang dari dunia seni wayang Tanah Air, di mana dalang kondang Ki Manteb Soedarsono meninggal dunia Jumat (2/7/2021).

Kabar Duka, Dalang Kondang Ki Manteb Soedharsono Meninggal Dunia Dalang, Ki Manteb Soedharsono, memainkan wayang kulit dengan lakon Semar Tutur di GOR R. M. Said, Sabtu (7/11/2020). (Istimewa-Humas Protokol Pemkab Karanganyar)

Semarangpos.com, KARANGANYAR — Kabar duka datang dari dunia seni wayang Tanah Air. Dalang kondang Ki Manteb Soedharsono dikabarkan tutup usia, Jumat (2/7/2021). Almarhum meninggal dunia Jumat pagi  sekitar pukul 10.15 WIB di kediamannya di Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng).

Kabar duka meninggalnya Ki Manteb Soedharsono dibenarkan oleh mantan Humas Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Esha Karwinarno.

Sugeng tindhak Mbah Manteb. Swarga langgeng,” tulis dia.

Baca juga: Kabar Duka! 35 Dokter di Jateng Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Diketahui, Ki Manteb Soedharsono selain aktif mendalang juga mengabdikan diri di dunia pendidikan dengan menjadi pengajar di ISI Solo.

Sejumlah dosen ISI Solo juga terpantau memasang status Whatsapp (WA) terkait Ki Manteb Soedharsono. Salah satunya Dosen Karawitan ISI Solo, Dhanis Sugiyanto, yang memasang foto kebersamaannya dengan Ki Manteb dalam status WA.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Ndherek belasungkawa mugi alusipun Ki Mantep Sudarsono pikantuk swarga kelanggengan,” tulis Dhanis

Yan Vellia, penyanyi yang juga istri almarhum Didi Kempot juga memasang status WA terkait meninggalnya Ki Manteb.

“Eyang, sugeng tindak eyang…smoga husnul khotimah Eyang Manteb,” demikian tulis Yan Vellia.

Camat Karangpandan Karanganyar, Rusdiyanto, membenarkan informasi bahwa dalang kenamaan Ki Manteb Soedharsono meninggal dunia.

“Betul, meninggal. Tapi saya masih mencari informasi perihal status kesehatan beliau. Soal pemakaman dan lain-lain akan kami informasikan pada kesempatan berikutnya,” kata dia saat dihubungi Semarangpos.com, Jumat.

Ki Manteb meninggal dunia pada usia 72 tahun. Ia meninggal saat menjalani isolasi mandiri karena positif Covid-19.

Baca juga: Cerita Wagub Jateng Gus Yasin Jalani Isolasi Mandiri Akibat Positif Covid-19

Almarhum menjalani isolasi mandiri bersama istrinya, Suwarti, di rumah. Ki Manteb dan istrinya terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab antigen yang dilakukan pada Kamis (1/7/2021).

Selama sepekan terakhir kondisi kesehatan dalang kondang kelahiran Sukoharjo, 31 Agustus 1948 itu dikabarkan menurun.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.