Kakek Banyumas Meninggal Dunia Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

Seorang warga lansia, kakek berusia 78 tahun di Kabupaten Banyumas, Jateng meninggal dunia setelah sebelumnya menerima vaksin Covid-19.

Kakek Banyumas Meninggal Dunia Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 Ilustrasi vaksin Covid-19. (Solopos.com-Freepik.com)

Semarangpos.com, SEMARANG – Seorang kakek di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) meninggal dunia setelah disuntik vaksin Covid-19.

Kakek berusia 78 tahun, warga Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas itu meninggal dunia pada Selasa (9/3/2021). Sehari sebelumnya, ia menerima vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia atau lansia sehari sebelumnya, Senin (8/3/2021).

Bupati Banyumas, Achmad Husein, membenarkan adanya warga lansia yang meninggal dunia setelah sehari sebelumnya menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.

Baca juga: 4.000 Lansia di Salatiga Mulai Vaksinasi Covid-19 Senin Ini

“Kemungkinan karena overconfidence. Setelah divaksin, ia melakukan aktivitas melebihi batas normal. Ada pendarahan juga, kemungkinan stroke,” kata Bupati Banyumas dikutip dari suara.com, Jumat (12/3/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas, Sadiyanto, juga membenarkan perihal meninggalnya kakek berusia 78 tahun itu setelah sehari sebelumnya menjalani vaksinasi di Puskesmas Wangon.

“Hari Senin divaksin, di-screening sehat dan memenuhi syarat. Setelah divaksin diobservasi juga sehat, beraktivitas seperti biasa,” kata Sadiyanto.

Kemudian pada Selasa (9/3/2021) yang bersangkutan melakukan aktivitas berat, sehingga kecapekan dan tak sadarkan diri.

“Info dari keluarga, beraktivitas berat membawa pasir, batu, kemudian lemas dan tidak sadarakan diri. Dibawa ke puskesmas, meninggal,” kata Sadiyanto.

Menurut Sadiyanto, tim Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) masih menunggu rekomendasi dari provinsi, untuk memastikan penyebab meninggalnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Kunjungi Semarang, Cek Vaksinasi Ulama

Meninggalnya warga lansia setelah sebelumnya menerima vaksinasi Covid-19 di Banyumas ini bukan yang kali pertama terjadi.

Sebelumnya, seorang lansia perempuan juga dikabarkan meninggal dunia Senin (8/3/2021) malam seusai menderima vaksin Covid-19 pada pagi harinya.

Lansia perempuan yang meninggal itu merupakan warga Desa Kedunggede, Kecamatan Banyumas. Ia meninggal dunia juga dikarenakan stroke.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.