Tutup Iklan

Konsumsi BBM Jateng Diprediksi Turun 40%

Pertamina MOR IV Jateng dan DIY mengaktifkan Satgas Ramadan Idulfitri 1441 H sebagai upaya memantau situasi penyaluran BBM dan LPG di Jateng dan DIY.

Konsumsi BBM Jateng Diprediksi Turun 40% Petugas Pertamina MOR IV Jateng-DIY tengah mencelupkan tabung elpiji 3 kg ke dalam cairan non-korosif yang dicampur disinfektan. (Semarangpos.com-PT Pertamina MOR IV)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengaktifkan Satgas Ramadan Idulfitri 1441 H. Langkah itu sebagai upaya Pertamina MOR IV memantau situasi penyaluran BBM dan LPG di wilayah Jateng dan DIY. Satgas mulai bekerja pada awal Mei 2020 ini.

Pjs. General Manager Pertamina MOR IV, Teuku Johan Miftah, mengakui Satgas Rafico (Ramadan-Idulfitri-Covid) sedikit berbeda dengan satgas serupa di masa Ramadan hingga Idulfitri kondisi normal. Situasi pandemi Covid-19 mempengaruhi penyaluran BBM dan LPG Pertamina.

“Dibandingkan tahun sebelumnya, konsumsi BBM dan LPG Pertamina di wilayah MOR IV tahun 2020 jauh menurun. Pada tahun 2019, realisasi penyaluran BBM jenis gasoline [Premium, Pertalite dan Pertamax Series] meningkat 26% dari rataan harian normal 12.000 kiloliter menjadi 15.000 kl. Namun, pada tahun ini perkiraan rataan harian saat Ramadan dan Idulfitri untuk BBM jenis gasoline hanya berkisar di angka 9.800 kl atau turun hampir 40%,” ujar Johan.

Gedung Marba, Bangunan Eksotis Sarat Sejarah

Adanya larangan mudik karena situasi pandemi Covid-19, membuat Pertamina di wilayah MOR IV juga tidak membuka titik-titik SPBU modular di jalur jalan tol Trans Jawa untuk tahun 2020 ini.

“Meskipun tidak membuka layanan SPBU modular seperti tahun lalu, namun kami tetap menyiapkan tiga unit Pertashop yang akan digunakan di jalur jalan tol Trans Jawa jika dibutuhkan atau dalam keadaan darurat. Pertashop tersebut memiliki kapasitas masing-masing sebesar 3.000 liter dan dapat ditambah kapasitasnya dengan menggunakan mobil tangki,” ungkap Johan.

Ketahanan Stok

Untuk stok BBM itu sendiri saat ini Pertamina di wilayah MOR IV mencatat ketahanan stok yang cukup dan dapat secara optimal melayani kebutuhan BBM masyarakat.

Nasi Koyor Kota Lama, Bosnya Kuliner Semarang

Terkait LPG, Pertamina di wilayah MOR IV memprediksi peningkatan konsumsi sebesar 2% selama Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri nanti.

“Rata-rata harian normal penyaluran LPG saat ini di angka 4.030 mt [metric ton] dan akan naik menjadi 4.095 mt. Jika dibandingkan tahun lalu, kenaikan secara prosentase memang berkurang di mana kenaikan pada tahun lalu sebesar 6%,” tambah Johan.

Untuk wilayah Jawa Tengah, Pertamina memiliki lebih dari 40.000 pangkalan LPG PSO dan outlet non PSO. Sebagai upaya antisipasi jika terjadi lonjakan maka Pertamina telah menyiagakan pangkalan PSO dan outlet non PSO tersebut untuk melayani kebutuhan LPG masyarakat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.