Kudus Upayakan SD Unggulan Tingkat Kecamatan

Rencana Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus membentuk sekolah dasar (SD) negeri unggulan di setiap kecamatan segera direalisasikan.

Kudus Upayakan SD Unggulan Tingkat Kecamatan Ilustrasi SD Negeri di Kabupaten Kudus. (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Semarangpos.com, KUDUS — Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berencana membentuk sekolah dasar (SD) negeri unggulan di setiap kecamatan. Dengan SD unggulan tingkat kecamatan, Dinas Pendidikan berharap bisa bersaing dengan sekolah swasta.

Rencana itu digariskan menyusul selesainya pemetaan SD yang nantinya didorong menjadi sekolah unggulan. Saat ini, SD unggulan baru ada di Kecamatan Kota Kudus, yakni SD Barongan 1. Keberadaan SD unggulan itu selanjutnya akan terus ditambah.

“Selanjutnya yang akan menjadi skala prioritas di Kecamatan Undaan,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kudus Joko Susilo di Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (7/3/2020).

Mobil Goyang Pasangan Mesum asal Jepara Digerebek di Kudus

Ia mengungkapkan di Kecamatan Undaan memang terdapat SD yang memiliki lahan yang cukup luas dan layak menjadi sekolah unggulan di kecamatan setempat. Harapannya, kata dia, direalisasikannya sekolah unggulan, bisa meningkatkan efisiensi anggaran untuk rehabilitasi bangunan sekolah.

Dengan adanya sekolah unggulan, maka sarana dan prasarananya juga akan dibuatkan yang baru, semisal gedung sekolahnya juga akan dibuat lebih representatif seperti di SD Barongan 1 dibuat bertingkat.

Maksimalkan Tenaga Pendidik

Manfaat lainnya, kata dia, bisa memaksimalkan ketersediaan tenaga pendidik yang ada karena dengan banyaknya sekolah dasar di sejumlah tempat dan kualitasnya juga masih kalah bersaing dengan swasta, akhirnya banyak yang harus digabung karena kekurangan murid.

Untuk mendukung ketersediaan sarana bangunan SD unggulan, kata dia, dibutuhkan anggaran lebih dari belasan miliar rupiah. Dengan anggaran itu, sekolah sudah bisa memiliki bangunan sekolah berlantai lebih dari satu.

Penjual Balon di Temanggung Hamili Anak Angkat

Berdasarkan hasil pemetaan sebelumnya, di Kecamatan Jekulo terdapat SD 1 Jekulo yang dinilai siap menjadi SD Unggulan. Di Kecamatan Dawe terdapat dua SD, yakni SD 1 dan 6. Sedangkan di Kecamatan Bae hanya SD 1 Bae.

Di Kecamatan Mejobo terdapat SD 5, 4 dan 2 yang dianggap siap. Untuk Kecamatan Gebog ada SD 1 dan 7 Gondosari. Sedangkan di Kecamatan Jati terdapat SD 1 dan 2 Jati Kulon. Di Kecamatan Kaliwungu terdapat SD 1 dan 2. Sementara itu, untuk Kecamatan Undaan terdapat SD 2 dan 3 Undaan Lor.

DPRD Kudus juga mendorong pembentuk SD unggulan di tingkat wilayah terkecil, dalam bentuk penganggaran. Pembentukan SD unggulan juga dianggap menjadi salah satu solusi rehabilitasi bangunan sekolah secara tuntas karena selama ini anggaran rehabilitasi cukup besar namun belum efisien.

Hal itu disebabkan masih ada yang belum tepat sasaran sehingga masih banyak ruang kelas yang rusak. Ruang kelas di SD 2 Mlatinorowito, Kecamatan Kota bahkan sudah lebih dahulu roboh sebelum sempat dilakukan perbaikan karena masih kalah prioritas dengan sekolah lain.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.