Tutup Iklan

May Day, Buruh di Semarang Dapat Vaksin Covid-19

Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Kota Semarang diwarnai penyuntikan vaksin Covid-19 kepada 100-an buruh.

May Day, Buruh di Semarang Dapat Vaksin Covid-19 Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, berfoto dengan perwakilan buruh saat peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Balai Kota Semarang, Sabtu (1/5/2021). (Semarangpos.com)

Semarangpos.com, SEMARANG – Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day tahun ini terasa spesial bagi buruh di Kota Semarang, terutama yang tergabung dalam Aliansi Gerbang.

Hal itu dikarenakan bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada Sabtu (1/5/2021), para buruh ini mendapat kado istimewa berupa penyuntikan vaksin Covid-19.

Vaksinasi saat May Day itu dilakukan kepada 100 buruh di Balai Kota Semarang.

Baca juga: Larangan Mudik, Ditlantas Polda Jateng Perketat Jalur Tikus

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan vaksinasi untuh buruh diberikan karena buruh sangat rentan tertular Covid-19. Terlebih lagi, buruh kerap berkumpul dengan banyak orang dalam ruangan tertutup.

“Kita cermati buruh ini sangat rentan. Tiap hari dengan banyak orang dalam satu ruangan tertutup. Kalau satu kena, pasti langsung tertular. Jadi pas May Day ini, kita berikan vaksin agar imun kuat dan kondisi terjaga dengan baik,” ujar Wali Kota Semarang yang karib disapa Hendi itu.

Hendi juga merespons tuntutan buruh terkait pembayaran THR dari pengusaha. Sebelumnya, buruh menuntut agar THR tahun ini diberikan secara utuh satu kali gaji dan tanpa dicicil.

“Kami respons langsung. Besok saya akan kirim surat ke pengusaha agar mencairkan THR ke buruh. Besarnya satu kali gaji dan tidak dicicil”, tegas Hendi.

Desk Ketenagakerjaan

Tak hanya vaksin, dalam peringatan May Day itu, tuntutan buruh agar Polda Jateng membentuk Desk Ketenagakerjaan juga dipenuhi.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jateng, Kombes Pol. Johanson Simamora, mengaku telah menerima perintah Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, untuk membentuk Desk Ketenagakerjaan.

“Kemarin sore saya mendapat perintah langsung dari bapak Kapolda untuk segera membentuk Desk Ketenagakerjaan. Ini sebagai wujud komitmen Polda Jateng merespons keinginan buruh dalam penyelesian setiap perkara yang melibatkan buruh dan mengarah pada pidana,” ujar Johanson.

Baca juga: Jelang May Day, Buruh Temui Kapoda Jateng, Ini Permintaannya…

Selain desk ketenagakerjaan, Polda Jawa Tengah juga memberikan 1000 paket sembako kepada para buruh di Jateng melalui perwakilan 10 federasi serikat buruh.

Koordinator Aliansi Gerbang, Nanang Setyono, memberikan apresiasi atas langkah yang diberikan Pemkot Semarang dan Polda Jateng. Menurutnya, Desk Ketenagakerjaan dan vaksinasi menjadi dua hal yang didambakan para buruh di Jawa Tengah.

“Kami terima kasih sekali kepada Polda Jateng dan Pemkot Semarang. Buat kami, ini keren sekali, super sekali, kado terindah untuk kami di May Day kali ini. Alhamdulilah, semuanya dikabulkan, tak terkecuali tuntutan THR dari kami”, ujar Nanang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.