Pasukan Prince Darling Tanam Pohon di Candi Gedong Songo Semarang

Semangat tokoh rekaan Prince Darling dalam serial Youtube menyemangati ratisan mahasiswa di Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang, Jateng.

Pasukan Prince Darling Tanam Pohon di Candi Gedong Songo Semarang Potret aksi Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) di kawasan Candi Gedong Songo, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang (Instagram—aslisemarang)

Semarangpos.com, UNGARAN — Tokoh rekaan Prince Darling dalam serial Youtube bagaikan hadir di Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/3/2020). Ratusan mahasiswa dari seantero Jateng, ia melakukan aksi Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling).

Prince Darling adalah tokoh rekaan dalam serial Prince Darling yang disponsori Djarum Foundation. Ia digambarkan sebagai putra mahkota Kerajaan Mantap Subur. Kerajaan yang terkenal selalu menjaga keasrian wilayahnya.

Sayang sekali Prince Darling belum memiliki kesadaran terhadap lingkungan. Sang ayah pun muak dan marah. Ia mengutuk sang anak dengan cara mengirimnya ke bumi. Tidak hanya itu, Prince Darling harus menanam 100.000 pohon di candi seantero Jawa dalam kurun waktu satu purnama.

Konser Musik Keliling Didi Kempot Sampai Grobogan

Sampai di bumi ia pun bertemu dengan salah seorang mahasiswa bernama Darla. Ia pun meminta bantuan gadis tersebut untuk menanam pohon sebelum bulan purnama muncul. Mereka berdua pun akhirnya menanam tanaman bersama.

Gerakan Massal Mahasiswa

Sayang sekali tenaga mereka berdua ternyata tidak cukup kuat untuk menanam ribuan pohon. Darla pun mempunyai ide. Ia membuat poster berisi ajakan menanam pohon dan menempelkannya di setiap majalah dinding (mading) yang ada di universitasnya.

Benar saja, teman-teman Darla langsung tertarik untuk membantu. Setiap pulang kuliah Darla dan teman-teman membantu Prince Darling menanam bibit pohon. Sampai akhirnya si pangeran sudah menanam 100.000 pohon.

Gubernur Jawa Tengah Dandan Ala Atta Halilintar, Begini Hasilnya…

Ia pun langsung kembali ke Kerajaan Mantap Subur dan menjadi pribadi yang lebih mencintai lingkungan. Dari situlah awal mula gerakan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) diadakan. Kegiatan yang mengajak para milenial aktif di Indonesia agar lebih memiliki sikap sadar lingkungan.

Aksi Siap Darling diadakan guna melestarikan aset purbakala nusantara dan candi-candi di Indonesia. Gerakan tersebut dilakukan dengan tujuan melakukan pelestarian dan penanaman pohon di sekitar candi.

Pasukan Prince Darling

Kali ini pasukan Prince Darling lewat aksi Siap Darling melakukan penghijauan di sekitar area Candi Gedong Songo, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jateng. Mereka adalah 250 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

 

View this post on Instagram

 

Milenial bukan hanya generasi rebahan, tapi mereka adalah agen perubahan! Ini dibuktikan mereka melalui movement #siapdarling alias Siap Sadar Lingkungan yang diinisiasi Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Ribuan anak muda terlibat melestarikan warisan budaya dengan melakukan penghijauan di sekitar candi. Seperti yang terlihat di Candi Gedongsongo Kab. Semarang, Kamis (5/3) ini. Lebih dari 250 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seperti Undip, Unnes, UIN melakukan penanaman pohon di area candi. Penanaman juga melibatkan 50 #DarlingSquad yang berasal dari 28 universitas di Indonesia. Bakti Lingkungan Djarum Foundation juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah berkomitmen menghijaukan Kompleks Percandian Gedongsongo. Melalui program “Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling)”, sebanyak 868 pohon dan semak ditanam di berbagai titik yang tersebar di Kompleks Percandian Gedongsongo. Sebelumnya, program Siap Darling telah melakukan penghijauan di Kompleks Candi Prambanan, Ratu Boko, Candi Ijo Penghjauan Benteng Van Den Bosch di Ngawi dan juga TWA Kawah Ijen pada tahun 2019. Program ini akan berjalan hingga tahun 2025 dengan menyasar ratusan candi di Indonesia meliputi candi-candi di Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Bali. #CandiDarlingGedongsongo #Candidarling #Siapdarling #Darlingsquad @siapdarling @djarumfoundation

A post shared by Asli Semarang Ndes! (@aslisemarang) on

Punya Bridge Fountain, Semarang Tak Kalah Menarik dari Korea Selatan

Mereka berasal dari Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN). Bukan hanya itu, penanaman di sekitar Candi Gedong Songo juga diikuti oleh 50 Darling Squad yang berasal dari 28 universitas di Indonesia.

Jebolan Indonesial Idol

Ternyata, Bakti Lingkungan Djarum juga mengajak jebolan Indonesial Idol Ahmad Abdul untuk turut meramaikan penghijauan yang disponsori Djarum Foundation tersebut.  Keseruan Siap Darling pun diabadikan lewat akun Instagram @aslisemarang.

“Milenial bukan hanya generasi rebahan, tapi mereka adalah agen perubahan!” tulis admin sebagai caption.

Sebanyak 868 bibit pohon dan semak ditanam di berbagai titik yang tersebar di kawasan Candi Gedong Songo. Seperti Bambu Jepang, Hujan Mas, Pucuk Merah, Tabebuia Rosea, Pinus, Puspa, serta Akar Wangi.

Sunrise Hill Gedong Songo, Destinasi dengan 7 Gunung Yang Epik

“Bakti Lingkungan Djarum Foundation juga bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Budaya Indonesia,” tambah si pengelola @aslisemarang dalam kolom caption seperti yang terpantau Semarangpos.com.

Hijaukan Candi

Melalui Balai Pelestarian Cagar budaya (BPCB) Jawa Tengah, mereka berkomitmen menghijaukan kompleks Candi Gedong Songo lewat program Siap Darling. Sebelum melakukan penghijauan di area Candi Gedong Songo, Prince Darling lewat gerakan Siap Darling juga menanam di berbagai tempat.

Kompleks Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko Jogjakarta, Benteng Pendem Van den Bosch di Ngawi, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen pada tahun 2019 ada dalam daftar itu. Rencananya, program ini akan terus berlangsung hingga tahun 2025 dengan sasaran candi-candi yang ada di Indonesia. (Dhina Cantya/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.