Pemkot Jogja: Sulit Prediksi Puncak Libur Nataru

Prediksi puncak kunjungan wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru ini nantinya digunakan Pemkot Jogja dalam mengantisipasi kerumunan.

Pemkot Jogja: Sulit Prediksi Puncak Libur Nataru Sejumlah pengunjung terlihat menikmati suasana Malioboro, Sabtu (13/11/2021). (Harian Jogja/Jumali)

Semarangpos.com, JOGJA — Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja belum bisa mempredikai puncak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, ada perubahan yang cepat terkait jumlah wisatawan yang datang ke Jogja.

Dalam beberapa akhir pekan sebelumnya, terpantau wisatawan memenuhi sejumlah tempat wisata, termasuk Malioboro. “Apakan itu sudah puncaknya atau masih ada puncak yang lain. Makanya kami tidak bisa prediksi karena ada perubahan yang cukup cepat,” kata Heroe, Selasa (21/12/2021).

Beberapa wisatawan terpantau banyak beraktivitas di Jogja pada pertengahan Desember 2021 lalu. Hal ini diperkirakan dampak dari rencana penerapan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia pada libur Nataru. Sehingga wisatawan melakukan liburan sebelum aturan diterapkan. Namun rencana PPKM Level 3 tersebut batal diterapkan.

Baca juga: Kejati DIY Tangkap Terpidana Korupsi PLN Sidoarjo

Prediksi puncak kunjungan wisatawan ini nantinya digunakan Pemkot Jogja dalam mengantisipasi kerumunan. Mulai dari rekayasa lalu lintas sampai memasang pagar di pedestrian sekitar Titik Nol KM.

“Kami juga mencoba, nantinya untuk menutup area yang kami dulu lepas pagarnya, akan kami pagari lagi,” kata Heroe.

Beberapa kepadatan wisatawan pada akhir pekan akan menjadi bahan evaluasi oleh Pemkot Jogja. Dalam pantauan, kepadatan tidak hanya terjadi pada akhir pekan, namun pada Senin (20/12) siang lalu juga terjadi kepadatan kendaraan di Malioboro.

Meski angka kasus Covid-19 di Jogja cenderung rendah, namun Pemkot Jogja tetap melakukan antisipasi-antisipasi. “Belajar dari kasus Covid-19 pertama pada Maret lalu serta kasus delta yang cepat berkembang luar biasa. Makanya kami antisipasi terhadap potensi-potensi itu, salah satu potensi adanya perjalanan luar kota, baik yang melakukan ataupun yang hanya interaksi,” kata Heroe.

Baca juga: Bumi Semendung, Tempat Wisata Baru yang Estetik di Madiun

Jelang Libur Nataru

Salah satu destinasi wisata yang juga mengalami kenaikan pengunjung adalah Taman Pintar Jogja. Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Taman Budaya, Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Retno Yuliani peningkatan yang cukup siginifikan terjadi menjelang Nataru 2022.

Peningkatan ini salah satunya dari rombongan sekolah yang sedang berlibur. “Pengunjung di weekday sekitar 500 orang. Sementara untuk weekend antara 1.000-1.500 orang. Pada hari-hari sebelum pandemi Covid-19 rata-rata 3.000 orang,” kata Retno.

Apabila berkaca dari tahun sebelum-sebelumnya, puncak pengunjung Taman Pintar berada pada tanggal 24-25 Desember 2021.

 

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.