Pertamina Cilacap Siap Uji Coba Green Diesel Akhir November

Pertamina RU IV Cilacap saat ini tengah mengembangkan produk yang ramah lingkungan yakni Green Diesel yang siap diujicobakan pada akhir November 2020.

Pertamina Cilacap Siap Uji Coba Green Diesel Akhir November Kilang Cilacap milik Pertamina. (Reuters-Darren Whiteside)

Semarangpos.com, CILACAP — Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) menargetkan uji coba produksi Green Diesel pada akhir November 2020.

“Produk dengan kode D-100 (Green Diesel 100 persen) ini adalah salah satu dari tiga produk ramah lingkungan yang dikembangkan Pertamina RU IV. Produk ini berbahan dasar Refined Bleached Deodorized Palm Oil [RBDPO] atau minyak sawit,” kata Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap, Hatim Ilwan, Jumat (14/11/2020).

Ia mengatakan saat ini, Pertamina dalam tahap penyiapan sarana dan fasilitas uji coba yang dijadwalkan selesai pada pekan ketiga November.

Pertamina Beri Diskon BBM Rp250 per Liter, Ini Syaratnya….

Menurut dia, tahapan diawali persiapan sarana penerimaan RBDPO melalui Jetty 67 (dermaga) menuju tangki RBDPO. Setelah itu, persiapan dilajutkan pada sarana feed stock RBDPO ke unit pemrosesan di Unit TDHT (Treated Distillate Hydro Treating) untuk diolah menjadi Green Diesel.

Tahap berikutnya adalah persiapan sarana produksi di unit TDHT berupa penggunaan katalis Merah Putih sebagai hasil kerja sama Pertamina dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Selain itu, juga modifikasi line dan sarana.

“Tahap persiapan ditargetkan selesai pada pekan ketiga. Sehingga, pada pekan keempat November diharapkan uji coba produksi Green Diesel bisa dilaksanakan,” katanya.

Ia mengatakan pada tahap uji coba, kapasitas produksi D-100 di unit TDHT mencapai 3.000 barel per hari (3 MBSD).

Menurut dia, Green Diesel adalah bukti nyata komitmen Pertamina mewujudkan produk yang ramah lingkungan. Selain itu, juga produk yang bersumber dari energi baru terbarukan, yakni minyak kelapa sawit.

“Hal ini diharapkan memberikan efek positif yang lebih luas. Seperti pemanfaatan sumber energi dari dalam negeri sebagaimana amanat Undang-Undang dan pada akhirnya menekan impor crude [minyak mentah] yang bersumber dari energi fosil,” jelasnya.

HUT Pertamina

Hatim menambahkan saat ini Pertamina RU IV Cilacap tengah mengembangkan tiga produk green energy.  Ketiga produk itu yakni Green Diesel, Green Gasoline, dan Green Avtur.

Menurut dia, fase 1 produk Green Diesel diharapkan menjadi kado terbaik Hari Ulang Tahun Ke-63 Pertamina yang jatuh pada 10 Desember 2020.

Sulap Limbah Jadi Seni, Tekad UMKM Binaan Pertamina di Semarang Go International

Selanjutnya untuk fase 2, kata dia, produksi ditargetkan naik menjadi 6.000 barrel per hari (6 MBSD) pada awal tahun 2021.

“Komitmen kami seluruh produk mengarah pada efisiensi dan ramah lingkungan. Ini sebagaimana visi RU IV yaitu ‘To be Digital & World Class Refinery‘ pada 2028. Konsekuensinya adalah kilang yang efisien dan ramah lingkungan, baik dari sisi operasional maupun produknya,” kata Hatim.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.