Salatiga Bakal Gelar Sekolah Tatap Muka September Nanti

Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga berniat menggelar pembelajaran tatap muka atau PTM di sekolah pada pertengahan September.

Salatiga Bakal Gelar Sekolah Tatap Muka September Nanti Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, saat mencanangkan Gerakan Salatiga Menabung secara virtual di rumah dinasnya, Kamis (5/8/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemkot Salatiga)

Semarangpos.com, SALATIGA – Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga berencana menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah pada pertengahan September nanti.

Salatiga saat ini belum diizinkan menggelar PTM di sekolah. Alasannya, tak lain karena Salatiga masih menerapkan PPKM Level 4.

Berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) No. 35/2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Jawa-Bali, daerah yang menerapkan PPKM Level 4 belum diizinkan menggelar PTM.

Baca juga: Wali Kota Klaim Vaksinasi Salatiga Lampaui Target

Daerah Level 4 diizinkan menggelar tatap muka di sekolah hanya sebatas simulasi Asesmen Nasional mulai 24 Agustus-2 September. Itu pun jumlah peserta didik dan tenaga pengajar dibatasi 25% dari total kapasitas.

Kendati demikian, Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mengaku saat ini pihaknya terus mempersiapkan untuk menggelar PTM di sekolah. Rencana PTM di Salatiga akan digelar pertengahan September nanti.

Menurut Yuliyanto, rencana menggelar PTM itu diterapkan karena capaian vaksinasi di Salatiga yang sudah cukup tinggi. Capaian vaksinasi dosis pertama di Salatiga saat ini sekitar 94,37% dari total 152.657 sasaran. Sedangkan untuk dosis kedua capaiannya berada di angka 45,47%.

“Kita siapkan untuk PTM, sudah terlalu lama siswa belajar dari rumah. Kita khawatir ada karakter yang hilang dan lost generation di dunia pendidikan,” ujar Yuliyanto di rumah dinasnya, Jumat (27/8/2021).

Yuliyanto menambahkan saat ini Pemkot Salatiga juga terus menggenjot vaksinasi untuk pelajar, atau remaja usia 12-17 tahun. Dikutip dari laman Internet Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hingga 27 Agustus 2021 sudah ada sekitar 3.235 remaja di Salatiga yang menerima vaksin dosis pertama, atau sekitar 18,07% dari total sasaran 17.895 anak.

Penurunan Kasus

Selain capaian vaksinasi, Yuliyanto juga menilai kasus harian Covid-19 di Salatiga juga terus mengalami penurunan. Hingga kini total kasus Covid-19 di Salatiga mencapai 9.168 kasus, dengan perincian 8.793 kasus sembuh, 97 kasus aktif, dan 278 kasus meninggal dunia.

Baca juga: Semarang Gelar PTM Mulai 30 Agustus, Daerah Lain Kapan?

“Kasus harian sudah turun setiap hari, angka kesembuhan juga bertambah baik. Jadi ini seperti rasa Level 3, tapi masih di Level 4,” jelasnya.

Meski demikian, Yuliyanto tetap meminta masyarakat Salatiga untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Masyarakat tidak boleh terlena dan melakukan euforia hingga membuat kasus Covid-19 kembali melonjak.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.