Salatiga Kembangkan Padi Jenis Baru, Diklaim Ampuh Tangkal Stunting

Pemerintah Kota Salatiga saat ini tengah mengembangkan produksi padi Inpari Nutri Zinc yang diklaim mampu mencegah stunting bagi ibu hamil.

Salatiga Kembangkan Padi Jenis Baru, Diklaim Ampuh Tangkal Stunting

Semarangpos.com, SALATIGA — Pemerintah Kota atau Pemkot Salatiga saat ini tengah mengembangkan padi jenis baru. Varietas yang diberi nama Inpari Nutri Zinc itu disebut ampuh mencegah stunting.

Padi Inpari Nutri Zinc ini sebenarnya merupakan bantuan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah (Jateng).

Padi varietas baru itu pun telah ditanam di Salatiga, Selasa (24/11/2020). Penanam padi yang disebut ampuh mencegah stunting itu dilakukan langsung oleh Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, dan Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris, di area persawahan milik Kelompok Tani Mardi Rahayu Kaliondo di Kelurahan Sidorejo Kidul, Kecamatan Tingkir.

Yuliyanto mengatakan benih padi Inpari Nutri Zinc yang ditanam di Salatiga mencapai 75 kg. Benih itu ditanam di lahan seluas 3 hektare.

“Selain padi Inpari Nutri Zinc, BPTP Jateng juga memberikan bantuan berupa 1.000 tanaman jeruk untuk dikembangkan di Salatiga,” ujar Yuliyanto.

Yuliyanto menambahkan varietas padi Inpari Nutri Zinc diklaim memiliki banyak kandungan zink. Zat tersebut mampu meminimalisasi stunting bagi ibu hamil yang mengonsumsi.

“Sebab, kekurangan zink bisa mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh, produktivitas, dan kualitas hidup,” tutur Yuliyanto.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Salatiga, Nunuk Dartini, mengatakan penanaman padi Inpari Nutri Zinc dilaksanakan dalam rangka meningkatkan produksi pertanian di Salatiga.

Promosi

Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat untuk mempromosikan konsumsi beras Inpari Nutri Zinc yang memiliki kandungan gizi tinggi.

“Selain menanam dan mengembangkan padi jenis baru, kami juga meminta masyarakat mengampanyekan konsumsi beras zink ini. Supaya nutrisi ibu-ibu hamil tercukupi dan bisa terhindar dari stunting,” tutur Kepala Distan Salatiga.

Sementara itu, Kepala BPTP Balitbangtan Jateng, Joko Pramono, menyambut baik antusiasme Pemkot Salatiga dalam mengembangkan padi Inpari Nutri Zinc. Ia juga memuji visi misi Pemkot Salatiga yang ingin mengembangkan potensi pertaniannya.

“Ke depan kami akan berkomitmen mendukung pembangunan pertanian di Salatiga. Pada 2021 nanti, padi Inpari Nutri Zinc bisa diperluas lagi, termasuk bibit-bibit yang lain untuk Salatiga. Semoga tidak ada refocusing anggaran,” ujar Joko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.