Sawah di Magelang Ini Ramai Dikunjungi Wisatawan, Ganjar Pun Ajak Nirina Zubir

Svarga Bumi merupakan sawah di Magelang, Jawa Tengah (Jateng) yang menjadi destinasi wisata dan sempat viral di media sosial.

Sawah di Magelang Ini Ramai Dikunjungi Wisatawan, Ganjar Pun Ajak Nirina Zubir Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan istri, Siti Atikoh, menikmati suasana persawahan di objek wisata Svarga Bumi, Magelang, Jateng, Minggu (30/8/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Sawah biasanya identik dengan petani yang berpakaian lusuh dan penuh lumpur. Namun, berbeda halnya dengan sawah yang ada di Magelang, Jawa Tengah (Jateng) ini.

Sawah ini tak hanya dikunjungi petani. Tapi, sawah ini juga ramai dikunjungi wisatawan.

Sawah tersebut tak lain adalah Svarga Bumi. Sawah yang naik kelas menjadi destinasi wisata unggulan di Magelang itu dibuka sejak 8 Agustus 2020 lalu. Bahkan, keberadaan sawah yang menjadi destinasi wisata itu sempat viral di media sosial.

Lagi Ngehits, Ganjar Tak Mau Ketinggalan Kunjungi Mata Langit

Konsep wisata alam yang diusung di tempat itu sangat menarik. Di tengah-tengah sawah, dibuat banyak spot foto yang instagramable. Selain itu, lokasinya yang hanya 300 meter dari Candi Borobudur, membuat lokasi itu begitu eksotis. Wisatawan pun bisa berfoto dengan background persawahan juga Candi Borobudur.

Selain bisa berfoto ria, para pengunjung juga bisa melihat aktivitas petani yang sibuk menggarap sawah.

Nilai tambah

Penggagas Svarga Bumi, Putranto Cahyono, mengatakan tema Svarga Bumi adalah pelestarian alam dengan nilai tambah.

“Jadi, kami tetap mempertahankan sawah sebagai tempat bercocok tanam. Tentu, itu jadi nilai tambah bagi wisatawan,” tutur Putranto Cahyono, Minggu (30/8/2020).

Pungky, sapaan karib Putranto Cahyono, mengatakan, destinasi wisata itu ia konsep sejak Juli 2019 lalu. Karena tak ingin hanya Borobodur yang menjadi jujugan wisatawan, ia memutar otak dengan mengembangkan destinasi baru. Dengan tetap mempertahankan Candi Borobudur sebagai ikon, ia menyulap sawah yang biasanya hanya untuk bercocok tanam menjadi destinasi wisata unggulan.

Tengok Cantiknya Candi Borobudur Saat Sunrise dari Punthuk Setumbu

“Sawah-sawah ini masih 100% milik petani. Jadi, kami sewa sawah dari mereka. Tapi, mereka tetap bisa menggarap sawahnya. Bahkan, kami suplai keperluan mereka, mulai air, pupuk, hingga bibit. Saat panen, kami tidak meminta sedikit pun hasilnya,” jelasnya.

Untuk menikmati wisata di Svarga Bumi, pengunjung pun bisa membayar tiket masuk Rp15.000-Rp25.000.

Keunikan Svarga Bumi ini juga menarik perhatian Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Ganjar bahkan mengajak pasangan artis, Nirina Zubir dan Ernest, ke Svarga Bumi.

“Ini kreatif sekali. Ini memiliki dua kelebihan, selain membangun destinasi wisata yang unik, juga menarik karena bekerja sama dengan petani,” ujar Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.