Sejumlah Rumah Sakit di Semarang Overload Pasien Covid-19, Ini Daftarnya…

Sejumlah rumah sakit di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) sudah kewalahan menampung pasien Covid-19 karena jumlahnya sudah melebihi kapasitas tempat tidur.

Sejumlah Rumah Sakit di Semarang Overload Pasien Covid-19, Ini Daftarnya… Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Dok. Solopos.com/Reuters)

Semarangpos.com, SEMARANG — Sejumlah rumah sakit (RS) di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) sudah kewalahan menampung pasien Covid-19. Bahkan, beberapa rumah sakit di antaranya sudah mengalami overload kapasitas tempat tidur bagi pasien, baik isolasi maupun ruang ICU.

Berdasarkan data siagacorona.semarangkota.go.id per tanggal 28 Juni 2021, ada sekitar 29 rumah sakit maupun tempat isolasi yang disiapkan untuk menampung pasien Covid-19 di Kota Semarang.

Dari 29 rumah sakit dan tempat isolasi itu, 8 di antaranya bahkan sudah mencapai 100% untuk tingkat okupansi pasien atau bed occupancy rate (BOR).

Baca juga: RSUD Wongsonegoro Semarang Penuh, Pasien Covid-19 Antre di IGD

Delapan rumah sakit yang BOR sudah melebihi 100% itu antara lain RSUP dr. Kariadi, RS St. Elisabeth Semarang, RSU Panti Wiloso Citarum, RS Hermina Pandanaran, RS Panti Wiloso di Jalan Dr Cipto, RS Banyumanik, RS Hermina di Banyumanik, dan RS Columbia Asia.

Di RSUP dr. Kariadi, total kapasitas tempat tidur yang disiapkan sekitar 245, terisi 262 pasien atau terisi 102 persen. Sedangkan di RS Elisabeth, dari kapasitas 63 tempat tidur terisi 74 pasien atau 115%. Sementara, kapasitas 110 tempat tidur di RSU Panti Wiloso Citarum terisi 116 pasien atau 102%.

Sedangkan di RS Hermina Pandanaran, kapasitas 47 pasien terisi 48 orang atau 102%. RS Panti Wiloso Dr Cipto dengan kapasitas 76 tempat tidur terisi 81 orang atau 106,5%, RS Banyumanik dengan kapasitas 7 tempat tidur terisi 49 orang atau 114,28%, RS Hermina Banyumanik dengan kapasitas 45 pasien terisi 70 orang atau 113%, dan RS Columbia Asia dengan kapasitas 24 tempat tidur terisi 28 orang atau 100%.

Tetap Dilayani

Salah satu pihak rumah sakit di Semarang, RS St. Elisabeth, melalui Kepala Humas, Probowatie Tjondronegoro, membenarkan jika kapasitas tempat tidur atau ruang perawatan untuk pasien Covid-19 di tempatnya saat ini sudah over kapasitas.

Baca juga: Pasien Covid-19 Membeludak, RSUD Tugurejo Semarang Dirikan Tenda Darurat

Pihaknya bahkan sempat melakukan penolakan saat diminta rujukan untuk merawat pasien Covid-19.

“Kita sempat menolak, tapi kalau yang sudah datang ya mau bagaimana lagi? Kita tetap harus memberikan pelayanan dan perawatan. Tapi ya itu, untuk saat ini sudah [kapasitas] overload,” tutur Probowatie saat dihubungi Semarangpos.com, Senin (28/6/2021).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.