Singgah ke Rembang, Ini 6 Tempat Wisata yang Wajib Disambangi

Berkunjung ke Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng) sebaiknya turut berkunjung ke 6 tempat wisata, salah satunya Museum RA Kartini.

Singgah ke Rembang, Ini 6 Tempat Wisata yang Wajib Disambangi Museum RA Kartini (Instagram/@uncledian)

Semarangpos.com, REMBANG — Berada di pesisir utara provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Rembang bukan merupakan destinasi utama dalam hal wisata, seperti daerah-daerah sekitarnya, namun Kabupaten Rembang memiliki beberapa tempat wisata yang kental dengan nilai religi dan sejarah

Mengutip Liputan6.com, , Selasa (6/7/2021), Rembang dikenal sebagai kota peninggalan salah satu tokoh pahlawan emansipasi wanita, yaitu R.A. Kartini. Selain itu juga ada peninggalan dari pahlawan lain, yaitu Sunan Bonang.

Disamping wisata sejarah dan religi, Rembang juga memiliki wisata alam yang mempesona dan bisa dinikmati. Berikut ini 6 wisata sejarah, religi hingga alam yang layak dikunjungi di Kabupaten Rembang:

Baca juga: Terancam Tenggelam, Begini Pesona Desa Bedono di Demak

Makam R.A. Kartini

Tempat wisata ini berada di Desa Bulu yang memiliki jarak tempuh sekitar 17,5 km dari Kota Rembang, tepatnya di sebelah selatan Kota Blora. Para pengunjung yang datang ke makam ini biasanya memberikan doa-doa untuk sang pahlawan wanita yang telah berjuang atas hak kesetaraan antara kamum perempuan dan laki-laki.

Makam ini sudah lama dijadikan sebagai tempat wisata ziarah di Kabupaten Rembang. Selain makam R.A. Kartini, di kompleks makam tersebut juga terdapat makam keluarga Mantan Bupati Rembang, Djojo Adiningrat dan Putra R.A .Kartini satu-satunya, yaitu RM Soesalit.

Selain berziarah, pengujung juga bisa membeli beberapa buah tangan, seperti pernak-pernik tentang R.A. Kartini. Fasilitas yang tersedia di komplek pemakanan ini juga memadai, seperti toilet dan masjid.

Musem R.A. Kartini

Setelah berziarah ke makam R.A. Kartini, pengunjung bisa mendatangi Museum R.A. Kartini di mana pengunjung bisa belajar tentang kehidupan R.A. Kartini yang telah berjasa bagi kaum perempuan Indonesia.

Bagunan yang dijadikan museum ini merupakan rumah milik keluarga R.A. Kartini yang tentunya merupakan saksi bisu perjuangan beliau. Museum ini berada di daerah Kutoharjo, Kabupaten Rembang.

Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang merupakan salah satu dari Walisongo yang berjasa dalam proses penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Makam Sunan Bonang ini terletak di sebelah timur kota Rembang, tepatnya di Desa Bonang, Kecamatan Lasem. Selain berziarah, pengunjung juga bisa membeli beraneka ragam oleh-oleh berbentuk ikan asin yang dijajakan oleh masyarakat sekitar.

Hutan Mangrove

Tempat wisata ini menawarkan daya tarik berupa jembatan kayu yang membentang di tengah hutan mangrove dan biasanya pengunjung yang berada di jembatan ini akan berswafoto ria dengqan latar hutan mangrove yang masih alami.

Hutan mangrove ini memiliki luas sekitar 22 hektare dengan panjang 2.900 meter. Sambil berjalan-jalan, pengunjung juga bisa menikmati udara yang sejuk sambal mengenal beragam jenis pohon mangrove.

Di hutan mangrove ini, ada sekitar enam jenis pohon mangrove yang mempesona. Tak hanya itu, pengunjung yang gemar memancing, area jembatan ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk menyalurkan hobi tersebut.

Pantai Dampo Awang

Pantai yang berlokasi di Desa Rembangan, Kecamatan Tasik Agung ini juga dikenal dengan nama Taman Rekreasi Pantai Kartini. Dulunya, tempat ini merupakan taman terbuka hijau yang dikelola oleh pemerintah. Namun, belakangan ini aktivitas pengelolaan taman pantai ini sudah diserahkan ke pihak wisata.

Baca juga: Taman Wisata Candi Borobudur Tutup Sementara Mulai Hari Ini

Semenjak saat itu sudah banyak dilakukan pembenahan dan perbaikan, sehingga fasilitas di dalamnya menjadi lengkap. Misalnya saja sudah ada kolam renang dan outbond. Selain menikmati fasilitas tersebut, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti bersantai di pinggir pantai, mengunjungi pulau-pulau kecil yang ada di utara pantai hingga menikmati sajian kuliner.

Alun-Alun Rembang

Seperti alun-alun pada umumnya, Alun-Alun Rembang ini juga biasa dipakai untuk berolahraga, seperti jogging. Tempat ini biasa dikunjungi pada pagi, sore atau malam hari. Beragam macam jajanan juga bisa dinikmati sambal bersantai dengan keluarga dan teman. Alun-alun ini berada di Jl. Jendenderal Sudirman, Kecamatan Kutoharjo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.