Susi Pudjiastuti Tawarkan Kebun untuk Rusa Semarang Zoo, Begini Respons Pengelola…

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menawarkan kebunnya di Pangandaran untuk tempat penitipan satwa Semarang Zoo pada masa pandemi.

Susi Pudjiastuti Tawarkan Kebun untuk Rusa Semarang Zoo, Begini Respons Pengelola… Susi Pudjiastuti. (Instagram-@susipudjiastuti115)

Semarangpos.com, SEMARANG – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, memberikan perhatian serius terhadap kondisi rusa-rusa di kebun binatang Semarang Zoo, yang kelaparan saat masa pandemi Covid-19.

Susi bahkan menawarkan kebunnya di Pangandaran, Jawa Barat (Jabar) sebagai lokasi penitipan atau penampungan rusa-rusa tersebut. Hal itu disampaikan Susi di akun Twitter @susipudjiastuti, Sabtu (2/5/2020).

“Saya mau dititipin rusa2 ini .. bisa antar ke kebun saya di Pangandaran … nanti setelah pandemi selesai silahkan diambil lagi,” tulis akun @susipudjiastuti.

Kicauan atau tweet itu disampaikan Susi Pudjiastuti menyusul santernya pemberitaan di media online terkait kondisi sejumlah satwa di Semarang Zoo yang memprihatinkan akibat pandemi Covid-19.

Menanggapi tawaran Susi itu, Direktur Utama (Dirut) PT Taman Margasatwa Semarang, selaku pengelola Semarang Zoo, Samsul Bahri Siregar, mengaku senang.

Meski demikian, Samsul belum bisa menerima tawaran mantan Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Jokowi Jilid I itu.

“Terima kasih untuk perhatian bu Susi terhadap Semarang Zoo. Namun, jika harus memindahkan satwa kami tidak bisa,” ujar Samsul, Senin (4/5/2020).

Pemkot Semarang Gandeng Brimob di Masa Covid-19, Ini Tujuannya…

Samsul mengatakan pada masa pandemi Covid-19 ini sejumlah objek wisata, tak terkecuali Semarang Zoo memang mengalami dampak yang signifikan.

Hal itu menyusul ditutupnya objek wisata, sehingga tidak mendapat pemasukan guna membiaya operasional, seperti makanan bagi satwa.

Meski demikian, hingga saat ini pihak Semarang Zoo masih mampu memenuhi kebutuhan secara mandiri. Meski pun harus mengurangi biaya operasional.

“Untuk perawatan satwa dan pemberian makanan, kami masih bisa mandiri untuk saat ini. Tapi, jika pandemi sampai Lebaran nanti masih berlanjut kami akan koordinasikan dengan jajaran pimpinan [Pemkot Semarang],” tuturnya.

Bantuan pakan

Samsul mengatakan daripada menawarkan kebunnya sebagai tempat penitipan satwa, alangkah baiknya Susi mengirimkan bantuan berupa pakan hewan.

Semarang Zoo Tambah Koleksi Satwa di 2019

“Kalau bu Susi mengirimkan bantuan berupa pakan hewan, mungkin bisa kami terima. Tapi, kalau untuk memindahkan satwa kami belum bisa,” tegasnya.

Samsul menambahkan hingga saat ini Semarang Zoo sudah menerima bantuan pakan satwa dari beberapa pihak. Salah satunya dari Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) dan Animal Center.

Samsul pun menyebutkan, bantuan pakan satwa dari PKBSI sejumlah 300 kg daging ayam, 10 ton rumput, dan 10 sak pelet. Sementara bantuan dari Animal Center berupa 3 ton katul dan 1 ton jagung.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.