Panggung Kahanan Jadi Sarana Seniman Semarang Berkreasi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memfasilitasi para seniman di Kota Semarang agar bisa berkarya di tengah pandemi Covid-19 di Panggung Kahanan.

Panggung Kahanan Jadi Sarana Seniman Semarang Berkreasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyaksikan Panggung Kahanan. (Instagram--Ganjar_pranowo)

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memfasilitasi para seniman di Kota Semarang agar tetap bisa berkarya di tengah pandemi Covid-19. Ia menamai aksi mereka sebagai Panggung Kahanan.

Dalam Instagramnya @ganjar_pranowo, ia menunjukkan suasana Panggung Kahana, Senin (4/5/2020). Ia mengunggah sebuah rekaman video saat dirinya ikut menyaksikan para seniman yang menunjukkan bakat mereka.

“Para seniman Semarang Raya sedang tampil di Panggung Kahanan. Tetap semangat dan ekspresif, mereka tetap berkarya,” tulisnya sebagai caption.

Cukup Pakai Nyayur.id, Warga Salatiga Seakan Bisa Panen Sayur

Ia juga mengatakan jika selama bulan Ramadan, kegiatan tersebut akan dilakukan dua hari sekali. Warganet juga bisa menonton pertunjukkan bakat tersebut secara langsung melalui channel Youtube atau Facebook Ganjar Pranowo.

“Ini kawan-kawan seniman sedang tampil di lapangan basket rumah dinas saya. Mereka adalah seniman lokal yang saya bikin tetap eksis di tengah pandemi Covid-19,” ceritanya dalam video.

Berbagai Disiplin Seni

Tidak hanya menyanyi, ada juga yang tampil musikalisasi puisi. Para pelukis juga memamerkan hasil karya mereka dan diletakkan di samping panggung.

Sosok Tak Kasat Mata Ungkap Sejarah Rumah Harta Karun Semarang

Ganjar mengungkapkan jika Panggung Kahanan memiliki arti “panggung keadaan”. Selama seminggu lapangan basket di samping rumah dinas Ganjar menjadi tempat mereka untuk menyalurkan bakat mereka.

Setelah melihat unggahan milik Ganjar, para netizen langsung membanjiri kolom komentar. Beberapa pengikut Gubernur Jateng di Instagram juga mengaku ingin tampil di Panggung Kahanan.

Seperti akun @jelly_tobing yang mengaku ingin tampil. “Mas Ganjar,aku pengin tampil di Panggung Kahanan Semarang, kota tempat dimana aku dilahirkan. Piye caranipun Pak Gubernur? Matur suwun,” komentarnya yang langsung dibalas oleh Ganjar.

Tagar #UndipKokJahatSih Trending, Ini Jawaban Undip Semarang

@jelly_tobing bikin video ya Mas, nanti saya upload di akun saya bersama mereka,” balasnya seperti yang terpantau Semarangpos.com, Selasa (5/5/2020).

Ganjar dengan sabar membalas semua komentar milik para pengikutnya. Seperti salah seorang warganet yang mengaku ingin ikut menyumbangkan bakatnya. Ganjar langsung menyarankan untuk mengirim video saat tampil.  “Manggung digital juga ok kok. Kirim videomu,” balas Ganjar langsung. Di Panggung Kahanan, Ganjar mempunyai satu syarat penting yang harus dipatuhi.

Seperti akun @enilestari474 yang mengaku ingin tampil bersama rekan band-nya. “Keren Pak, tetap berkarya menghasilkan karya seni, JavaFive Band Semarang bolehkah eksis disini Pak? Anak-anak sudah mulai boring,” tulisnya.

Ganjar Pranowo Usulkan Pemotongan Gaji ASN, Ini Alasannya…

“Berapa orang? Syaratnya tidak boleh banyak-banyak. Biar tidak ramai. Yang penting bisa ditonton via medsos. Bisa juga buat videonya,” balas Ganjar mengingatkan.

Perhatikan Protokol Kesehatan

Walaupun begitu, Ganjar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Para penonton diberi jarak satu meter dan wajib memakai masker. Kalau tidak menurut, Ganjar siap membubarkan acara tersebut.

Bukan hanya di Instagram, Ganjar juga mengunggah keseruan para seniman dalam menunjukkan bakat mereka di channel Youtube pribadinya. Di sana, Ganjar mengaku bisa membuat acara tersebut karena mendapat inspirasi dari para seniman.

Duh, Volume Ekspor Jateng Konsisten Merosot

“Saya datangi mereka seperti para menari yang tampil secara virtual. Saya saat itu bilang kalau kita manggung aja seadanya di Youtube dan Facebook. Nanti tampil di lapangan basket rumah saya aja,” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada para seniman untuk tetap berkreasi. “Ya tetap bekreasi, jangan patah hati, eh jangan patah semangat. Kita juga bisa lo kolaborasi bareng artis nasional,” tambahnya.

“Buat yang nonton di rumah, kita enggak boleh mati langkah dan mati gaya. Karya inovasi dan kreasi harus kita tunjukkan di media yang ada, seperti kawan seniman yang mencoba untuk bertahan dengan menghibur,” pesan orang nomor satu di Jateng itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.