Tutup Iklan

Tak Hanya di Perbatasan, Tes Acak untuk Pemudik Juga Digelar di Simpang Lima Semarang

Aparat Satlantas Polrestabes Semarang juga menggelar pemeriksaan dan rapid test antigen secara acak kepada pemudik di kawasan Simpang Lima.

Tak Hanya di Perbatasan, Tes Acak untuk Pemudik Juga Digelar di Simpang Lima Semarang Aparat Satlatas Polrestabes Semarang tengah menempel stiker di kendaraan milik pemudik yang melintas di kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, Senin (17/5/2021). (Semarangpos.com-Bidhumas Polda Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang tidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan pemudik dari luar kota di pintu-pintu perbatasan Kota Semarang.

Pemeriksaan yang diikuti dengan tes rapid antigen secara acak juga digelar di wilayah perkotaan, seperti di kawasan Simpang Lima, Senin (17/5/2021).

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima itu. Kendaraan yang diperiksa antara lain bus, travel, dan juga kendaraan pribadi.

Baca juga: Masuk Semarang, Kendaraan Pemudik Wajib Lakukan Ini

“Kita melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan tersebut secara selektif, khususnya yang penumpangnya banyak,” ujar Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit, Senin siang.

Setelah diperiksa dan dinyatakan lengkap, kendaraan-kendaraan itu lantas ditempeli stiker berwarna biru yang bertuliskan Operasi Ketupat Candi 2021 Polda Jateng.

Sedangkan untuk kendaraan yang tidak menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Satlantas Polrestabes Semarang bersama Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang melakukan rapid test antigen secara gratis.

Apabila ada pengendara maupun penumpang yang hasil tes dinyatakan negatif, maka diberikan surat keterangan bebas Covid-19.

Sedangkan yang hasil tes dinyatakan positif, akan diminta untuk menjalani karantina.

“Setelah diberi stiker dan surat bebas Covid-19, pemudik bisa melanjutkan perjalanan ke Jakarta atau tempat lain. Nanti, Satlantas di daerah tujuan akan paham bahwa mereka telah menjalani pemeriksaan di sini,” imbuh Sigit.

GT Kalikangkung

Sigit mengatakan operasi berupa pemeriksaan dan rapid test acak itu sudah dilakukan di sejumlah lokasi, seperti Gerbang Tol (GT) Kalikangkung dan di pintu-pintu perbatasan Jateng.

“Operasi ini atas perintah Kapolda Jateng supaya kita tidak lengah meski kegiatan serupa sudah dilakukan di berbagai tempat,” jelasnya.

Baca juga: Warga Semarang yang Tenggelam di WKO Ditemukan, Begini Kondisinya

Sigit mengatakan operasi digelar dengan melibatkan petugas dari berbagai instansi seperti TNI, DKK Semarang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, dan Satpol PP.

“Kita berikan pelayanan ini supaya pemudik yang enggak lengkap surat-suratnya diberi kelancaran hingga daerah tujuan,” tutur Sigit.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.