Tanggul Sungai Jebol, Sawah 5 Hektare di Pati Terendam Banjir

Banjir melanda area persawahan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah akibat jebolnya tanggul Sungai Tempur akibat hujan deras yang mengguyur.

Tanggul Sungai Jebol, Sawah 5 Hektare di Pati Terendam Banjir Ilustrasi banjir akibat tingginya curah hujan. (Article.wn.com)

Semarangpos.com, PATI – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng) mengakibatkan tanggul Sungai Tempur jebol, Sabtu (31/10/2020). Akibatnya, aliran air dari sungai itu tak terbendung dan mengakibatkan banjir yang merendam sejumlah sawah milik petani yang siap panen di Pati.

“Tanggul Sungai Tempur Jebol pada Sabtu ketika hujan turun mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB,” ujar Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Pati, Lutfi Mudawam, Minggu (1/11/2020).

Semarang Banjir dan Dilanda Longsor Akibat Hujan Deras

Akibat curah hujan yang tinggi tersebut, kata dia, debit air Sungai Tempur di Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Pati, melonjak. Tanggul sungai jebol karena tak mampu menahan debit air yang melimpah.

Masing-masing tanggul sungai yang jebol tersebut, kata dia, memiliki panjang sekitar 3 meter dan 6 meter.

Akibat peristiwa tersebut, lanjut dia, memang tidak ada korban jiwa. Meski demikian, area persawahan yang ditanami tanaman padi seluas 5 hektare di Pati terendam banjir. Padahal, padi di area persawahan itu sudah siap panen.

Lutfi menambahkan saat ini upaya perbaikan tanggul telah dilakukan. Namun, upaya perbaikan itu terkendala derasnya aliran air Sungai Tempur.

Tak Pakai Masker, Puluhan Warga Kota Semarang Berdoa di Makam Covid-19

Perbaikan dilakukan secara darurat dengan cara menutup tanggul yang jebol dengan sak berisi pasir dan menancapkan bambu.

Kapolres Pati, AKBP Arie Prastya Syafa’at, yang ikut meninjau lokasi tanggul jebol hari ini juga memberikan bantuan abu cangkang kelapa sawit sebanyak 100 karung sak. Abu cangkang kelapa sawit itu bisa digunakan menutup tanggul sungai yang jebol sambil menunggu perbaikan secara permanen.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.