Tingkatkan Imun, Nakes & Pasien Covid-19 di Banjarnegara Dipasok Susu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara memberikan susu UHT kepada pasien dan nakes yang menangani Covid-19 agar daya tahan tubuh naik.

Tingkatkan Imun, Nakes & Pasien Covid-19 di Banjarnegara Dipasok Susu Ilustrasi Susu (Sumber: Liputan6.com)

Semarangpos.com, BANJARNEGARA– Dalam upaya meningkatkan imun bagi pasien Covid-19 dan juga tenaga kesehatan (nakes), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara bersama Kodim 0704 dan Kepala OPD mengirimkan 5000 dus paket berisi susu UHT ke 35 Puskesmas di wikayah Kabupaten Banjarnegara.

Mengutip Banjarnegarakab.go.id, Selasa (6/7/2021), bantuan diberangkatkan dari kompleks Pendapa pada 26 Juni silam untuk diantar langsung kepada pasien dan nakes yang menangan Covid-19 di Banjarnegara. Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, mengatakan bahwa dana yang digunakan tersebut bukan berasal dari APBD. Dana berasal dari iuran pribadi para kepala OPD, ASN dan prajurit TNI Kodim 0704 Banjarnegara.

Bupati beserta Forkopominda, Dandim dan ASN serta TNI telah sepakat menggalang dana guna menghimpun paket bantuan itu. Menurut Budhi , masyarakat tidak perlu khawatir, karena dananya bukan dari APBD.

Baca juga: Cegah Kerumunan, Ganjar Minta Tempat Vaksinasi di Jateng Diperbanyak

Paket susu yang diberikan bersisi stok susu UHT untuk satu bulan ke depan dan didistribusikan ke 35 Puskesmas yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Dalam pelepasan bantuan, Bupati Banjarnegara mengajak seluruh masyarakat bersama-sama bekerja dan selalu berpikiran positif untuk menjalani kehidupan di masa pandemi Covid-19.

Penelusuran Semarangpos.com ke beberapa situs kesehatan, susu adalah salah satu asupan yang dapat meniungkatkan kekebalan imunitas pada tubuh. Susu dipercaya dapat menangkal partikel-partikel berbahaya, seperti virus.

Kandungan Susu

Susu secara umum, memiliki banyak kandungan zat yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan itu antara lain protein, zinc atau zat mineral yang mendukung respons sistem imun tubuh dalam melawan antigen atau partikel berbahaya sehingga mengurangi risiko terjadinya infeksi.

Kemudian ada vitamin B12 yang juga mendukung meningkatkan sel imun tubuh. Lalu, vitamin D yang meningkatkan kerja sel imun dalam melawan penyakit dan mengaktifkan respons imun tubuh ketika antigen masuk. Selain itu, susu juga mengandung vitamin A yang berfungsi dalam mengendalikan peradangan. Secara keseluruhan, Susu memiliki 3 zat utama yang penting dalam membentuk kekebalan tubuh, yaitu protein, mineral dan vitamin.

Baca juga: Mengenal Kekayaan Blora dari Batik Khasnya

Namun sayangnya, tingkat konsumsi susu di Indonesia masih rendah. Melansir liputan6.com, tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia merupakan yang terendah di kawasan Asia Pasifik. Sementara itu Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia pada tahun 2019 berkisar pada 16,23 per kapita per tahun.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.