Tinjau Vaksinasi Merdeka Candi di GOR Jatidiri, Panglima TNI Targetkan 1 Juta Vaksin Per Hari

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di Semarang.

Tinjau Vaksinasi Merdeka Candi di GOR Jatidiri, Panglima TNI Targetkan 1 Juta Vaksin Per Hari Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit, berbincang dengan peserta Vaksinasi Merdeka Candi di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Kamis (5/8/2021). (Semarangpos.com-Humas Polda Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, meninjau pelaksanaan hari pertama Vaksinasi Merdeka Candi di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Kamis (5/8/2021).

Vaksinasi itu digelar dalam rangka mempercepat herd immunity penduduk Jateng sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia (RI).

Panglima TNI mengatakan pelaksanaan vaksinasi merupakan strategi untuk menekan angka persebaran Covid-19, selain pola 3M dan 3T. Selain itu ada beberapa target yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar herd immunity tercapai yakni menggelar vaksin dengan jumlah sasaran 1 juta orang per hari.

Baca juga: Keren! Pemkot Semarang Bakal Pasang Pendingin di Traffic Light, Ini Tujuannya

Selain vaksin 1 juta per hari, Panglima TNI juga meminta agar pelaksanaan tracing dan testing digencarkan hingga positivity rate mencapai angka 5%, dengan harapan rasio 1:15. Selain itu, reproduksi efektif Covid-19 (Rt) di bawah angka 1 dalam kurun 14 hari.

“Apabila target itu tercapai, maka Jateng bisa tercapai herd immunity,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI juga menekankan kepada seluruh masyarakat untuk memiliki kesadaran kolektif dalam melaksanakan 3M dan 3T. Kedisiplinan dalam menerapkan 3M dan 3T mencapai cara ampuh mengatasi persebaran Covid-19 varian Delta yang disebut lebih ganas dari varian lain.

680.000 Dosis

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, mengatakan Vaksinasi Merdeka Candi merupakan vaksinasi massal yang digelar mulai 5-17 Agustus di seluruh wilayah Jateng. Dalam kegiatan ini, pihaknya menyediakan sekitar 608.000 dosis vaksin.

“Tentunya kita ingin akselerasi ini betul-betul dilaksanakan, dengan mengambil momen Hari Kemerdekaan. Harapan kami, vaksinasi kemerdekaan ini bisa membantu percepatan dalam penyelenggaraan vaksinasi,” jelas Kapolri.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Jatidiri Semarang, Panglima TNI juga menggelar video conference dengan beberapa jajaran Kodim di wilayah Kodam IV Diponegoro.

Vicon tersebut membahas seputar pelaksanaan vaksin yang diterapkan aparat TNI di jajaran Kodim di wilayah Kodam IV Diponegoro.

Baca juga: Polda Jateng Gelar Vaksinasi Merdeka Candi, Ini Cara Ikutannya

Beberapa Kodim itu yakni Kodim 0735/Surakarta dengan target 1.500 dosis vaksin yang dilaksanakan di Universitas Sebelas Maret (UNS), Kodim 0710/Pekalongan dengan jatah 1.940 dosis di IAIN Pekalongan dan Ponpes Al Fusha.

Kemudian Kodim 0720/Rembang dengan jatah 1.000 dosis di Ponpes Al Anwar 2 Kecamatan Sarang, dan Kodim 0709/Rembang dengan jatah 3.000 dosis di Kelurahan Tamanwinangun dan PT Rama Gombong.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.