31.255 Nakes di Jateng Bakal Disuntik Vaksin Sinovac

Sebanyak 31.255 tenaga kesehatan atau nakes di Jateng akan mendapat vaksinasi tahap pertama, yakni vaksin Sinovac dari perusahaan asal China.

31.255 Nakes di Jateng Bakal Disuntik Vaksin Sinovac Ilustrasi tenaga kesehatan atau tenaga medis. (Dok. Solopos.com)

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 31.255 tenaga kesehatan atau nakes di Jawa Tengah (Jateng) bakal menjadi sasaran vaksinasi tahap pertama di Jateng. Mereka bakal disuntik vaksin asal Tiongkok, Sinovac, yang telah tiba di Jateng, Senin (4/1/2021) dini hari.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, saat menggelar press conference secara daring, Senin siang.

Yulianto mengatakan, tahap pertama vaksin yang datang di Jateng sebanyak 62.560 dosis jenis Sinovac.

Duh, Harga Rapid Test Antigen di Salatiga Tembus Rp1,7 Juta

“Jadi satu orang nantinya mendapat vaksin dua kali, sehingga tahap pertama nanti ada 31.255 orang yang divaksin. Kami prioritaskan untuk tenaga kesehatan dan tenaga penunjang kesehatan sebagai pihak yang memiliki resiko tinggi tertularnya Covid-19. Proses vaksinasi direncanakan mulai 14 Januari nanti, ”  kata Yulianto.

Meski begitu, tidak semua nakes maupun tenaga penunjang kesehatan di Jateng bisa mendapat vaksin tahap pertama. Mereka yang memiliki komorbiditas seperti hipertensi, diabetes, jantung, wanita hamil atau menyusui, pernah terpapar Covid-19 serta berusia di atas 59 tahun tidak boleh mendapat vaksin jenis Sinovac tersebut.

Nantinya, 62.560 dosis vaksin Sinovac yang telah tiba di Jateng akan segera didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota. Namun saat ini, pihaknya sedang melakukan pendataan dan pelengkapan administrasi serta pengecekan-pengecekan.

“Akan kami bagi habis ke seluruh kabupaten/kota. Jadi semuanya dapat,” imbuhnya.

Semarang dan Solo Terbanyak

Meski begitu, Yulianto mengatakan bahwa jumlah dosis yang diterima masing-masing kabupaten/kota tidak sama. Di beberapa daerah akan mendapatkan lebih banyak, dan daerah lain mendapatkan lebih sedikit.

“Semuanya dapat, tapi jumlahnya tidak sama. Misalnya Kota Semarang tahap awal ini akan dapat 5.450 dosis, dan Solo mendapat 4.364 dosis. Untuk daerah lain, sedang kami finalisasi jumlahnya,” terangnya.

Positif Covid-19, 2 Pasangan Pengantin Baru di Grobogan Isolasi Mandiri di Hotel

Meski begitu, Yulianto meminta masyarakat tenang karena vaksin yang datang saat ini baru tahap pertama. Nantinya, sebanyak 23,3 juta warga Jateng akan mendapatkan vaksin Covid-19 dari pemerintah.

“Jadi ada beberapa tahap nantinya, Jateng secara sasaran ada 23,3 juta masyarakat yang divaksin. Itu lebih dari 70% jumlah penduduk di Jateng, sehingga kalau itu bisa dilaksanakan maka herd immunity bisa tercapai,” jelasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.