6 Paslon PDIP di Jateng Terancam Lawan Bumbung Kosong

PDIP Jateng mendeteksi ancaman enam pasang bakal calon kepala daerah Pilkada 2020 mendatang harus menghadapi bumbung atau kotak kosong.

6 Paslon PDIP di Jateng Terancam Lawan Bumbung Kosong Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Kusriyanto. (Antara-Wisnu Adhi)

Semarangpos.com, SEMARANG — Enam pasang bakal calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan di Jawa Tengah berpotensi menjadi kontestan tunggal. Alhasil, mereka terancam harus melawan bumbung atau kotak kosong pada Pilkada 2020 mendatang.

“Dari 12 paslon yang sudah mendapat rekomendasi dari DPP, ada enam paslon yang dimungkinkan melawan kotak kosong pada pilkada mendatang,” kata Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Kusriyanto di Kota Semarang, Jateng, Kamis (20/2/2020).

Keenam bakal paslon itu adalah Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Kota Semarang) dan Ngesti Nugraha-Basari (Kabupaten Semarang). Di luar Semarang, ada Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto (Kabupaten Grobogan), Joko Sutopo-Sriyono (Kabupaten Wonogiri), Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto (Kabupaten Sragen), dan Mohammad Said Hidayat-Wahyu Irawan (Kabupaten Boyolali).

Aspal 1 Km Jalan, Udinus Semarang Gunakan Sampah Plastik

“Misalnya pilkada di Kabupaten Semarang, sampai tahapan rekom [rekomendasi dari DPP PDIP] ini keluar, partai lain tidak mengusulkan, berpotensi enggak ada lawan,” ujar pria yang akrab disapa Bambang Kribo itu.

Menurut dia, pilkada melawan kotak kosong akan meringankan kerja partai pengusung kandidat pilkada. “Kalau lawan bumbung [kotak] kosong, gak ada pertarungan, kami konsolidasi saja,” katanya.

Mesin Partai Siap

Kendati demikian, Bambang Kribo menyebut mesin partai PDIP sudah siap untuk bergerak memenangkan paslon yang diusung pada pilkada. Baik ada maupun tidak ada lawan politik dalam pesta demokrasi itu nanti.

Sucipto Hadi Purnomo Bersurat ke Mendikbud

“Reorganisasi di tingkat ranting, anak ranting, dan PAC saat ini bisa dimanfaatkan masing-masing paslon untuk konsolidasi, DPD juga support untuk masing-masing kabupaten/kota, kita sampaikan ke DPP calon-calon yang berpotensi menang,” ujarnya.

Ia menambahkan visi dan misi pasangan calon yang diusung PDIP akan disusun oleh partai. Langkah ini karena berkaitan dengan Trisakti Bung Karno dan Pola Pembangunan Semesta Berencana Berkelanjutan.

Masih ada paslon lain, aelain keenam bakal paslon kepala daerah yang berpotensi menjadi calon tunggal pada pilkada di Jateng mendatang. DPP PDIP juga telah mengeluarkan rekomendasi untuk Agus Sukoco-Eko Priyono (Kabupaten Pemalang), Sri Mulyani-Aris Prabowo (Kabupaten Klaten), Esti’anah-Joko Sutanto (Kabupaten Demak), Arif Sugiyanto-Rista (Kabupaten Kebumen), Arif Rohman-Tri Yuli Setyowati (Kabupaten Blora), Dyah Hayuning Pratiwi-Sudono (Kabupaten Purbalingga).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.